Belum Ada Sertifikasi Status Hotel di Jambi

Kamis, 11 Oktober 2012 16:51 WIB

Belum Ada Sertifikasi Status Hotel di Jambi
net
Salah satu hotel di Bandung

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dede Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jambi mengatakan di Jambi perlu dilakukan klasifikasi dan reklasifikasi hotel. Pasalnya sejauh ini hal tersebut belum dilakukan.

"Kalau mengacu peraturan pemerintah perlu sertifikasi klasifikasi dan reklasifikasi hotel. Di daerah lain sudah, ini cukup penting dan dilaksanakan badan independen bentukan PHRI pusat," kata Haris, Sekretaris PHRI Jambi, saat dikonfirmasi Tribun Jambi (Tribun Network) baru-baru ini.

Klasifikasi dilakukan pada hotel baru. Sementara reklasifikasi bagi hotel lama yang ingin memperoleh status bintang. Haris menjelaskan, badan independen tersebut berfungsi mencocokkan bukti dari self assessment hotel yang merupakan penilaian pribadi manajemen hotel atas fasilitas yang dimiliki.

Jadi apabila sudah dilaksanakan kalsifikasi dan reklasifikasi tim independen akan mengeluarkan rekomendasi untuk mengajukan status bintang atau non-bintang.

"Kemudian nanti yang akan menandatangani klasifikasi bintang atau non-bintang adalah gubernur daerah setempat. Khusus di Jambi itu belum dilaksanakan," tegasnya.

Ia mengaku, sejauh ini PHRI sudah mengajukan form aplikasi penilaian diri (self assessment) ke hotel yang ada. "Sayangnya, belum ada keharusan dari pemerintah daerah dan Pemprov Jambi untuk melaksanakan, jadi terkesan adanya keengganan dari pemilik hotel untuk diklasifikasi atau reklasifikasi," paparnya.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help