• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 20 Agustus 2014
Tribunnews.com

70 Persen Aset Perbankan Terpusat di Kota Jambi

Senin, 15 Oktober 2012 11:16 WIB

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dede Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Hampir 70 persen aset perbankan di Provinsi Jambi ada di Kota Jambi. Maklum saja sebagai ibu kota, Kota Jambi memiliki jumlah bank terbanyak dibanding kabupaten.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi, M Seto Pranoto mengatakan, persentase persisnya adalah 69,21 persen.

"Total aset perbankan di wilayah Jambi menunjukkan tingginya kontribusi bank di Kota Jambi. Sebesar 69,21 persen aset perbankan atau hampir 70 persen itu ada di Kota Jambi," kata Seto , Sabtu (13/10/2012) pada acara gathering Bank Mayapada.

Ia menyebut secara umum kinerja perbankan di Jambi mengalami peningkatan yang signifikan. Hingga Agustus 2012 total aset perbankan mencapai Rp 23,7 triliun. Jumlah itu meningkat 10,92 persen dibanding akhir tahun lalu.

Secara umum menurutnya, perkembangan kredit juga sudah cukup menggembirakan. Demikian halnya dengan LDR yang mencapai 102 persen. Ini jadi cerminan bahwa fungsi intermediasi perbankan berjalan.

"Harapan Bank Indonesia selain meningkatkan kredit penghimpunan dana masyarakat juga semakin meningkat. Sehingga terjadi keseimbangan antara perhimpunan dan penyaluran dana pihak ketiga," ujarnya.

Namun Seto memberikan catatan mengenai kredit macet atau non performing loan (NPL) yang menyentuh angka 3,72 persen. Menurut Seto angka itu cukup tinggi bila melihat skala nasional.

Hal ini bisa menjadi tolak ukur bagi bank yang ada. Untuk menekan NPL itu menurutnya, dapat dicapai apabila insan perbankan mampu mengimplementasikan good corporate government dengan baik dan benar.

"Bila ini dilaksanakan dengan baik maka ekonomi di Jambi akan lebih maju kedepan. Saat ini sudah cukup banyaknya investor yang mulai melirik Jambi, hanya tinggal peluang untuk memanfaatkan sebaik-baiknya. Saya mengibaratkan perekonomian Jambi sedang mekar-mekarnya," kata Seto.

Baca Juga:

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jambi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1032772 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas