• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

Perum Navigasi Penerbangan Indonesia Beroperasi Awal 2013

Rabu, 17 Oktober 2012 17:04 WIB
Perum Navigasi Penerbangan Indonesia Beroperasi Awal 2013
TRIBUN SUMSEL/M.AWALUDDIN FAJRI
ILUSTRASI

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Kementerian Perhubungan mengatakan, saat ini telah menerima Peraturan Pemerintah mengenai pembentukan satu perusahaan umum (perum) navigasi penerbangan di Indonesia. Perum ini disebut Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI).

Dengan adanya lembaga tersebut, maka di Indonesia nantinya cuma ada satu lembaga navigasi yang menggabungkan navigasi penerbangan di Indonesia. Saat ini ada empat lembaga navigasi yaitu UPT Ditjen Hubungan Udara, PT Angkasa Pura 1, PT Angkasa Pura II, serta Bandar Udara Khusus.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti mengatakan, perum ini diharapkan bisa mulai beroperasi awal tahun depan walaupun belum sepenuhnya berjalan sendiri. "Tahun depan syukur syukur sudah mulai berjalan, direksi juga sudah  bekerja namun ini masih dibantu operator AP 1 dan AP 2 yang berkoordinasi," kata Herry di Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Pembuatan perum ini berdasarkan UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan Pasal 271 ayat (2) dimana untuk menyelenggara pelayanan navigasi penerbangan, pemerintah membentuk suatu perum yang bertujuan untuk mengutamakan keselamatan penerbangan di Indonesia.

"PP Perum ini sudah diterbitkan 13 September 2012 yaitu PP No 77 tahun 2012 tentang Perum LPPNPI dan sudah ditandatangani presiden," ujarnya.

Lebih lanjut, Herry mengatakan, saat ini setelah ada Peraturan pemerintah (PP) yang sedang dilakukan adalah  pembentukan tim pengalihan penyelenggara navigasi penerbangan, mempersiapkan teknik operasional, pengalihan aset, penyusunan peraturan tentang fit and proper test, persiapan pengalihan aset, menyusun konsep struktur organisasi, persiapan pengalihan sdm. "Tim besar pengalihan sudah dibentuk," katanya. (*)

BACA JUGA:


Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jakarta
0 KOMENTAR
1042441 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas