Kamis, 18 Desember 2014
Tribunnews.com

Chevrolet Spin Nyatakan 'Perang Terbuka' Pada Avanza

Sabtu, 27 Oktober 2012 01:33 WIB

Chevrolet Spin Nyatakan 'Perang Terbuka' Pada Avanza
KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES
Mobil Chevrolet Spin ditampilkan dalam pameran otomotif The 20th Indonesia International Motor Show di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (21/9/2012).

TRIBUNNEWS.COM, SAO PAULO - Meski baru akan diluncurkan pada awal kuartal pertama di 2013, varian terbaru mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dari General Motors, Chevrolet Spin, sudah menyatakan perang terbuka terhadap 'penguasa' pasar di segmen tersebut. Secara tegas, punggawa General Motors (GM) menyebut mobil ini dibuat untuk 'membunuh' Toyota Avanza.

Direktur Pengujian, Validasi, Performa General Motors, Luciano A Santos, menyatakan  kehadiran Chevrolet Spin diharapkan mampu memberikan perspektif berbeda pada pasar di Asia Tenggara, Indonesia khususnya, terkait platform MPV yang ada saat ini.

"Spin memang dibuat untuk membunuh Avanza. 'Avanza's Killer' ini dibuat berdasarkan semua kebutuhan pasar di segmen ini. Lewat Spin, pasar akan memiliki pilihan yang lebih banyak. Spin juga akan memberikan perspektif baru bagi pasar MPV," ujar Luciano kepada Tribunnews.com di fasilitas Proving Ground Operations milik General Motors di Cruz Alta, Brasil, Kamis (25/10/2012) silam.

Luciano optimis, Spin mampu menandingi Avanza. Secara luas, Chevy Spin memang sudah diproduksi dan beredar luas di Brasil, wilayah Amerika dan Amerika Selatan. Luciano menyebut, begitu dipasarkan, Spin langsung meraja di segmen MPV pada kawasan tersebut.

Spin dikabarkan akan segera beredar di Indonesia dan pasar Asia Tenggara. Meski begitu, pihak GM belum mau memberikan rincian spesifikasi Spin yang akan dipasarkan di Indonesia, termasuk kapasitas mesin yang bakal diusung.

"Kami hanya mengatakan, spesifikasi Spin untuk kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia akan menandingi Avanza di sana. Silakan Anda menginterpretasikan 'clue' tersebut," ujar Luciano lalu tersenyum.

Dari jawaban tersebut, tersirat spesifikasi Chevy Spin yang bakal beredar di jalanan Indonesia akan diturunkan dari kapasitas asli mesin sebesar 1,8 liter menjadi berkisar antara 1,3 liter hingga 1,5 liter. Adapun soal fitur interior dan eksterior yang dimiliki produk anyar GM ini disebutkan tak jauh berbeda dari apa yang sudah diproduksi di Brasil.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas