Sabtu, 25 April 2015
Tribunnews.com

Investor di Jambi Bebas Pajak Dua Tahun

Selasa, 30 Oktober 2012 09:49 WIB

Investor di Jambi Bebas Pajak Dua Tahun
net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Jebloknya harga tiga komoditas andalan Jambi seperti karet, sawit dan batu bara memaksa Pemprov Jambi harus memutar otak agar pembangunan tetap terurus, dan pendapatan warga tidak tergerus inflasi yang kian mendaki.

Selain intensifikasi pajak daerah, Pemprov juga bersiap membentang karpet merah bagi investor, yakni, menawarkan insentif fiskal berupa pembebasan pajak selama dua tahun kepada investor yang berinvestasi ke Jambi.

Selain itu pada saat sama Pemprov Jambi menyiapkan rencana induk pembangunan industri hilir, yang sejak diyakini menjadi sumber pendongkrak PAD Jambi.

Namun keinginan itu agaknya masih menabrak tembok persoalan lawas, yakni ketersediaan listrik, kesiapan jalan distribusi dan paling strategis, rencana tata ruang dan wilayah industri.

Belum lagi persoalan konflik lahan yang melaten di Jambi. Namun Pemprov melalui Bappeda Jambi menjawabnya dengan mengebut penyusunan rencana induk (master plan) industri hilir. Bahkan, Bappeda mengklaim Desember tahun ini, rampung.

"Master plan-nya selesai masih Desember nanti," ujar Fauzi Ansori, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Senin (29/10/2012). Perihal siapa saja investor yang nanti diperbolehkan masuk dan memperoleh keringanan pajak selama dua tahun, katanya terbuka kepada semua investor, baik penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN).

"Tidak ditentukan siapa mereka. Tapi mereka kan pasti melihat dulu apa yang akan diinvestasikan di sini. Prinsipnya terbuka dan untuk kemudahan investasi," lanjutnya. Di Provinsi Jambi sendiri ada kemungkinan dua investasi hulu dan hilir.

Halaman12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas