• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribunnews.com

Modal Rp 250 Ribu Bisa Investasi di Reksadana Panin Dana Prioritas

Kamis, 1 November 2012 14:56 WIB
Modal Rp 250 Ribu Bisa Investasi di Reksadana Panin Dana Prioritas
/Tribun Manado/Rizky Adriansyah
ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Jakarta Arif Wicaksono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panin Asset Management meluncurkan varian terbarunya  produk reksadananya dengan meluncurkan Reksadana Panin Dana Prioritas.

Rudiyanto, Head of Operation and Businnes Development Panin Asset Management, di Jakarta (31/10/2012) mengatakan, produk reksadana campuran keempat di Panin ini akan terdiri dari ekuisitas, obligasi dan pasar uang.

Rinciannya adalah 30 persen saham, 50 persen obligasi yang terdiri dari separuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan separuh swasta serta 20 persen pasar uang.

Saham yang diprioritaskan akan terdiri dari tiga sektor yaitu banking, properti dan consumer goods. Ketiga sektor ini dinilainya memiliki pertumbuhan yang bagus karena sektor konsumsi yang meningkat.

Ia mengatakan, produktifitas uang melalui Quantitative Easing III akan menaikan jumlah uang beredar yang akan menetap kepada sektor riil melalui properti.

Selain itu pertumbuhan konsumsi akan menaikan permintaan melalui sektor konsumer goods yang terjadi di sektor retail. Sektor perbankan akan melaju dengan semakin tingginya daya beli masyarakat.

Adapaun mengenai imbal hasilnya, ia mengatakan bahwa berada diatas reksadana tetap. "Imbal hasilnya sekitar 10 persen selama setahun atau diatas sedikit dari reksadana tetap," katanya.

Ia juga mengatakan Investasi ini dikatakannya cocok untuk dalam jangka pendek karena resiko yang rendah. "Disarankan dua tahun," katanya.

Kelebihannya adalah dalam simulasi yang diperlihatkan bahwa akan resisten terhadap penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Digambarkan bahwa dalam kondisi IHSG ketika minus 50 persen pada 2008 maka simulasi strategi Reksadana Panin Dana Prioritas mampu tumbuh sebesar minus 10 persen.

Sedangkan jika IHSG mencapai kondisi pertumbuhan mencapai 46.13 persen pada 2011 maka pertumbuhan  Reksadana Panin Dana Prioritas  hanya mencapai 35.35 persen. 

"Makanya cocok untuk yang agak konservatif untuk menjaga investasi dalam kondisi bearish," katanya.

Sedangkan dana minimum untuk investasi awal sebesar Rp 250 ribu. Target dana kelolaannya  adalah Rp 100 miliar untuk dua bulan terakhir di tahun ini. Untuk tahun depan dana kelolaannya ditargetkan akan mencapai sebanyak Rp 300 miliar. (*)

BACA JUGA:

Penulis: arif wicaksono
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jakarta
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1091632 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas