• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 21 Agustus 2014
Tribunnews.com

Konstruksi Tol Cisumdawu Dimulai

Kamis, 29 November 2012 19:59 WIB
Konstruksi Tol Cisumdawu Dimulai
Tribun Jakarta/JEPRIMA
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangunan jalan bebas hambatan (tol) Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) tahap I hari ini telah resmi dimulai. Persemian dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dengan membunyikan sirine di lokasi pekerjaan interchange Rancakalong,Desa Citali,Kecamatan Pamulihan,Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Saya minta pekerjaan ini tepat waktu ya, syukur lebih cepat, ini (tol Cisumdawu) sudah dibicarakan sejak 2005 dan kontrak November 2011 sekarang (2012-red) baru bisa dimulai karena harus menyelesaikan masalah administrasi," kata Djoko Kirmanto, Kamis (29/11/2012).

Djoko mengatakan, pekerjaan jalan tol ini merupakan bagian dari rencana pembangunan jalan tol yg tercantum dalam rencana strategis (Renstra) Kementerian PU  2010-2012, untuk menambah jaringan jalan tol di pulau Jawa, dan mengurangi kemacetan.

Selain itu Djoko juga berharap pembangunan tol Cisumdawu menjadi sarana pembelajaran dan pelatihan bagi rencana pembangunan jalan dan jembatan seluruh indonesia.

Sementara itu Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Djoko Murjanto, dalam laporannya menerangkan, pembangunan tahap I ini mempunyai panjang 6,3 Km dengan nilai kontrak Rp 1,022 triliun dengan pendanaan 90 persen pinjaman China dan 10 persen APBN murni dan diharapkan selesai pengerjaannya 2014. Sedangkan pekerjaannya sendiri dikerjakan oleh konsorsium Shanghai Construction Group (China) dengan Wijaya Karya dan Waskita.

"Keseluruhan tol Cisumdawu mempunyai panjang 60,28 Km, dengan kebutuhan biaya Rp 5 Triliun dan terbagi menjadi 6 seksi pembangunan Seksi I Cileunyi-Tanjungsari sepanjang 9,80 Km, seksi dua Tanjungsari-Sumedang sepanjang 17,51 Km, Sumedang-Cimalaka 3,73 Km, Cimalaka-Legok 6,96 Km, Legok-Ujungjaya 16,35 Km, dan seksi enam Ujungjaya-Kertajati sepanjang 4 Km," kata Djoko Murjanto

Djoko Murjanto menambahkan, pembangunan jalan tol Cisumdawu sepanjang 60,28 Km ini akan menghubungkan Bandung dengan rencana pembangunan Bandara Internasional Kertajati dan tol Cikampek-Palimanan serta diharapkan akan mempersingkat waktu tempuh Bandung-Sumedang menjadi 15 menit (saat ini 2 jam) sekaligus juga sebagai pengamanan aset nasional ruas jalan Cadas Pangeran. (*)

BACA JUGA:


Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sugiyarto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1175592 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas