• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribunnews.com

BJB Siap Danai Wirausahawan Muda

Kamis, 6 Desember 2012 10:06 WIB
BJB Siap Danai Wirausahawan Muda
Net
Bank Jabar Banten

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten (Bank BJB) menyatakan siap untuk memberikan fasilitas pembiayaan bagi para wirausahawan muda, sekaligus memberikan pendampingan manajemen. Hal ini agar para wirausahawan muda itu memiliki persyaratan perbankan sehingga dapat memperoleh kredit.

Menurut Pimpinan Divisi Mirko BJB, Beny Riswandi, agar terciptanya pertumbuhan wirausahawan baru pihaknya memiliki program Saung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan program yang digulirkan Pemerintah Jabar, yaitu Kredit Cinta Rakyat (KCR).

"Potensi dan peluang para pelaku usaha muda, yang mayoritas bergerak pada sektor UMKM, untuk memperoleh kredit dan pembiayaan perbankan sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit. Pelaku UMKM dapat menjadi bankable selama misi dan visi yang mereka usung terus berlangsung," kata Beny pada Diskusi Optimalisasi Kewirausahaan dan UMKM yang digulirkan Forum Diskusi Wartawan Ekonomi Bandung (Fordisweb) di Hotel Newton, Jalan RE Martadinata, Bandung, Rabu (5/12/2012).

Dikatakan Beny, para pelaku UMKM, termasuk wirausahawan muda jika memiliki manajemen usaha baik dan sesuai kriteria dapat memperoleh fasilitas pembiayaan perbankan. Meski demikian, BJB tetap mengusung prinsip kehati-hatian sebagai landasan untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan dana.

Beny juga mengatakan, BJB bekerja sama dengan BI, Kadin, dan perguruan tinggi terus menciptakan studenpreneurship agara para mahasiswa yang merintis bisnis saat kuliah, setelah lulus dapat menjadi pengusaha. Khusus soal kucuran KCR, imbuh Beny, hingga akhir November tahun ini, nilai penyerapannya mencapai Rp 103 miliar.

Di tempat yang sama, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ekistensi UMKM, termasuk menumbuhkan wirausahawan baru melalui berbagai program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan KCR  yang sumber dananya APBD dan  bersifat bergulir serta bersuku bunga rendah.

"UMKM merupakan salah satu kunci penting untuk meningkatkan dan menggerakkan roda ekonomi Jabar. Manfaatnya sangat besar, di antaranya, dalam hal penyerapan tenaga kerja," kata Ahmad Heryawan. (win)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
0 KOMENTAR
1195081 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas