• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribunnews.com

Perum Navigasi Beroperasi 2015

Kamis, 3 Januari 2013 16:56 WIB
Perum Navigasi Beroperasi 2015
(Tribunnews.com/Sanusi)
Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menargetkan pembentukan perusahaan umum Perusahaan Umum (Perum) Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI) baru akan selesai paling lambat dua tahun ke depan.

"Saya kira dalam satu sampai dua tahun paling lama harus kelar. Saat ini tahapannya dalam masa pembangunan gedung. Selain itu juga sedang dilakukan fit and proper test," kata Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan di Jakarta, Kamis (3/1/2012).

Bambang ingin secepatnya perum navigasi tersebut segera terbentuk. Namun pengalihan navigasi harus dilakukan secara bertahap. Yaitu harus dilakukan secara 'smooth' tanpa mengabaikan keselamatan penerbangan tanah air. "Tahun ini kita fokus pembenahan manajemen, membangun sistem, membangun institusi," kata Bambang.

Pembentukan Perum Pelayanan Navigasi ini sendiri sudah memiliki landasan hukum yaitu Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. UU ini mengamanatkan pengelolaan layanan navigasi penerbangan dilakukan pengelola tunggal. Beleid itu juga sebagai konsekuensi ratifikasi aturan International Civil Aviation Organization (ICAO).

Pembentukan Perum Pelayanan Navigasi juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2012 yang diteken Presiden Susilo Bambang
Yudhoyono pada 13 September 2012.

Di tahap awal, Perum Navigasi merupakan peleburan dari penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan nasional oleh PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II, serta Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemhub yang terkait penyelenggaraan pelayanan navigasi.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: sanusi
Sumber: Tribun Jakarta
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1281902 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas