• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Tribunnews.com

Beras Ketan Tembus Rp 17 Ribu Per Kg

Rabu, 30 Januari 2013 06:58 WIB
Beras Ketan Tembus Rp 17 Ribu Per Kg
menuasliindonesia.blogspots.com
Beras ketan hitam

TRIBUNNEWS.COM, CIAMIS - Dalam dua minggu terakhir harga beras ketan putih, naik cukup tajam. Dua pekan lalu harga masih di kisaran Rp 10.000 per kg, namun kini menjadi Rp 17.000 per kg.

"Dua minggu terakhir, beras ketan makin sulit diperoleh. Stok langka. Di Ciamis sendiri sudah jarang petani yang menanam padi ketan. Mau tidak mau, beras ketan harus didatangkan dari Jawa (Tengah)," ujar H Elon Dahlan, pedagang beras di Pasar Manis Ciamis, Selasa (29/1).

Akibat kelangkaan stok beras ketan tersebut, kata H Elon, harga beras ketan melejit lebih dua kali lipat harga beras biasa.

"Ketan kualitas bagus sekarang sudah Rp 17.000/kg, itupun barangnya nyaris tidak ada. Terpaksa menunggu kiriman dulu dari luar Ciamis, umumnya dari Jawa Tengah atau Jawa Timur. Beras ketan kualitas jelek juga naik, harganya sudah Rp 11.000 per kg ," ujar H Elon.

Elon memperkirakan kenaikan harga beras ketan ini akan terus berlangsung sampai awal musim panen yang diprediksi mulai masuk pertengahan Februari nanti. Demikian juga harga beras biasa, kenaikannya akan berlangsung sampai awal musim panen sekitar pertengahan Februari nanti.

Sementara harga beras biasa, kata H Elon, pada hari Selasa (29/1) untuk kualitas paling bawah (kualitas III) yakni Rp 7.600 per kg (naik Rp 200 dari harga seminggu sebelumnya), harga beras kualitas mediuam (kualitas I) Rp 8.000 per kg naik dari Rp 7.800 per kg. Sedangkan beras kualitas 1 (primer) berkisar di angka Rp 9.000 per kg.

Editor: sanusi
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1382501 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas