Perumahan Berbasis Lingkungan Sedang Tren

Konsep perumahan di tengah kota yang menyerupai lingkungan alam sedang menjadi trend bagi bisnis properti di Indonesia

Perumahan Berbasis Lingkungan Sedang Tren
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Seorang SPG menunjukkan persyaratan kredit perumahan pada Pameran Perumahan BTN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (2/2/2013). Acara yang diadakan dari 2-10 Februari ini diikuti oleh 185 pengembang dengan display lebih dari 400 project property, harga mulai Rp 65 juta tipe 21 sampai miliaran rupiah, baik itu rumah subsidi maupun komersial sejahtera, komersial layak, dan rumah mewah. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsep perumahan di tengah kota yang menyerupai lingkungan alam sedang menjadi trend bagi bisnis properti di Indonesia. Pada umumnya konsep kembali ke alam ini merupakan gambaran akan kebutuhan hunian sebagai tempat yang nyaman dan entertaining.

Wika Realty misalnya, berusaha menjajal bisnis ini dengan konsep  pemukiman ala Bali, konsep ini dilakukan di daerah kawasan selatan Jakarta dengan nama Banjar Ubud. Konsep perumahan ini didasarkan pada lingkungan alam Bali yang asri dan alami. Di sekitarnya terdapat Gapura, Candi serta ornamen-ornamen khas Bali.

Konsep ini berusaha mendekatkan diri dengan alam di tengah hiruk pikuk ibukota. Suasana asri khas Bali menjadi jualan Wika dengan menyasar segmen menengah ke atas.

Budi, Marketing Supervisor Banjar Ubud, mengatakan investasi di sini sangat tinggi bahkan memiliki ROI sebesar 8 persen per tahun atau 16 persen per dua tahun. Perhitungan ini sudah memperhitungkan kenaikan lahan.

"Namun karena mahal kami perkirakan harganya segitu," katanya di Jakarta, Sabtu(2/2/2013).

Harganya cukup merogoh kocek dalam yang dimulai dari Rp 405 juta dari luas lahan 43/84 sampai dengan Rp 617 juta dengan luas lahan sebesar 38/213, uang muka sebesar 30 persen.

Tidak hanya Wika, Bakrie melalui Bakrieland juga menjajal ini konsep ini dengan Hillside Residance yang berkonsep hunian asri dengan lingkungan yang menarik wisatawan untuk berlibur di pinggiran jakarta.

Kecenderungannya untuk hiburan adalah banyaknya ekspatriat yang menggunakan rumah ini pada sabtu-minggu saja.

"Ya banyak yang cuma liburan dan kebanyakan Sabtu Minggu saja," katanya.

Konsep Hillside Residence merupakan sebuah tempat hunian ekslusif yang terletak di tengah aroma pengunungan sentul dengan ketinggian sebesar 225m-600m diatas permukaan laut.

Halaman
12
Penulis: Arif Wicaksono
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved