Jumlah Wirausahawan Hanya 1,9 Persen di Indonesia

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyebutkan jumlah wirausahawan Indonesia hanya 1,9 persen dari 250 juta penduduk.

Jumlah Wirausahawan Hanya 1,9 Persen di Indonesia
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pengunjung melihat-lihat pakaian di salah satu stan dalam acara Jawa Barat Expo 2012 (JABEX 2012) di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (21/9/2012). Pameran yang berlangsung hingga 23 September 2012 ini diikuti puluhan pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jabar. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyebutkan jumlah wirausahawan Indonesia hanya 1,9 persen dari 250 juta penduduk. Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan menjelaskan rasio tersebut sangat kecil dibandingkan negara Asia lainnya.

"Kita nggak bisa membandingkan wirausaha di negara lain. Singapura misalnya, rasionya 7 persen dibandingkan jumlah penduduk. Sedangkan Jepang bisa mencapai 10 persen," jelas Syarief, Selasa (26/2/2013).

Syarief menjelaskan, delta pertumbuhan yang tinggi membangun semangat wirausaha untuk menjadikan bangsa yang maju. Syarief setuju jika wirausaha meningkat, mampu merubah nasib negara. "Kita mampu memberikan lapangan pekerjaan di sekeliling kita, kalau bisa dilakukan secara menyeluruh penyerapan tenaga kerja akan meningkat," jelas Syarief.

Syarief pun akan memberikan penghargaan tertinggi kepada generasi muda yang berhasil menjadi entrepreneur.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved