Home »

Bisnis

»

Makro

Alasan Pertamina Sulit Maju

PT Pertamina (persero) ingin menjadi perusahaan migas berskala international.

Alasan Pertamina Sulit Maju
Logo Pertamina

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (persero) ingin menjadi perusahaan migas berskala international. Namun hal itu tak bisa terjadi dalam waktu dekat.

Sampai saat ini Pertamina selalu kalah baik produksi maupun ekspansi dengan perusahaan migas negara Malaysia, Petronas.  Penyebab kalahnya daya saing Pertamina karena, pemerintah lebih mengedepankan lifting minyak untuk dana APBN daripada memajukan Pertamina.

"Pertamina kurang dari 10 persen profit diinvestasikan kembali ke Pertamina, tahun lalu aja cuma 3,5 persen, sedangkan Petronas 70 persen dari profit diinvestasikan kembali ke Petronas," ujar pengamat ekonomi energi Darmawan Prasodjo, Senin (4/3/2013).

Darmawan juga menjelaskan Pertamina saat ini hanya memiliki capital expenditure sebesar USD 10 miliar. Sedangkan Petronas memiliki capital expenditur 9 kali lipatnya atau sebesar 91 miliar dolar AS. Selain itu Darmawan menilai manajemen Pertamina juga tidak memiliki ruang untuk merespon dinamika dan peluang pasar.

"Petronas mampu merespon dinamika pasar dan peluang pasar. Petronas juga memiliki keuntungan atau comparative net income 7 kali lipat jika dibandingkan dengan Pertamina," ujarnya.

Baca juga:

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help