Minggu, 25 Januari 2015
Tribunnews.com

Naiknya Bea Keluar Picu Penurunan Harga Sawit

Senin, 4 Maret 2013 10:22 WIB

Naiknya Bea Keluar Picu Penurunan Harga Sawit
KOMPAS/PRIYOMBODO
Pekerja membongkar minyak kelapa sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) di Kapal Kencana 89 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (4/2/2013). Pelaku bisnis mengeluhkan penetapan bea keluar minyak sawit mentah sebesar 9 persen pada bulan Februari ini atau lebih tinggi dibanding bea keluar pada bulan Januari yang dipatok 7,5 persen. Kondisi tersebut dinilai akan melemahkan daya saing CPO Indonesia di pasar global. KOMPAS/PRIYOMBODO

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Kenaikan bea keluar (BK) kelapa sawit yang diumumkan pemerintah beberapa hari lalu langsung berimbas ke harga tandan buah segar (TBS) sawit. Harga TBS terpukul turun.

Hasil rapat penetapan harga TBS periode 1-7 Maret 2013 di Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Jambi membuktikan hal itu.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Disbun Provinsi Jambi, Putri Rainun, mengatakan harga sawit produktif yakni umur 10 hingga 20 tahun dihargai Rp 1.353 per kilogram (kg).

Menurutnya, harga ini mengalami penurunan dibanding sebelumnya yang mencapai Rp 1.377 per kg. Harga sawit ini adalah yang kualitasnya atau nilai randemen tinggi. Sedangkan harga kelapa sawit yang nilai rendemennya rendah bisa di harga Rp 800 per kg.

"Ya dari rapat Pokja harga kelapa sawit Jambi turun dibanding harga sebelumnya. Kita belum tahu pasti peneyebabnya. Kalau permintaan nampaknya tidak turun," kata Putri Rainun kepada Tribun Jambi (Tribunnews Network), akhir pekan lalu.

Untuk harga rata‑rata crude palm oil (CPO) perusahaan Rp 6.515 per kilogram dan harga inti sawit Rp 3.004 per kg. Sebelumnya harga CPO Rp 6.658 dan inti sawit Rp 2.939 per kg. Artinya untuk harga CPO menurun sedangkan inti sawit mengalami kenaikan.

Penurunan harga ini, oleh Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasindo) Jambi dinilai lantaran terimbas besarnya bea keluar yang kini ditetapkan 10,2 persen.

Halaman12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas