• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribunnews.com

Perbankan Belum Lirik Sektor Perikanan dan Kelautan

Kamis, 7 Maret 2013 17:07 WIB
Perbankan Belum Lirik Sektor Perikanan dan Kelautan
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Perbaikan kapal di galangan kapal Muara Angke, Jakarta. sektor perikanan masih belum dilirik oleh perbankan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sampai saat ini akses dunia perbankan terhadap masyarakat nelayan masih sangat kurang. Kondisi ini membuat Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) tahun 2013 ini berkomitmen  meningkatkan kepercayaan pihak perbankan atas peran sektor kelautan dan perikanan.

"Kita berusaha meningkatkan akses ke perbankan yang sekarang terbatas. Kita sampaikan bahwa dunia perikanan dan kelautan  sumber pertumbuhan ekonomi nasional," tutur Kepala BPSDM KP, Suseno kepada wartawan, Kamis (7/3/2013).

Di samping itu, pihaknya juga akan melakukan pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung pembangunan sektor KP.  Juga  menciptakan lapangan kerja yang terampil di sektor KP, meningkatkan sinergi dan harmonisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah, mendukung pelaksanaan quick win kegiatan lintas sektor melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) di 8 Kabupaten/Kota.
 
Dikatakannya, untuk mewujudkan target-target itu saat ini menghadapi tantangan misalnya pendidikan dan keterampilan pelaku utama atau usaha masih perlu ditingkatkan, sistem pendataan bidang KP di pusat dan daerah masih perlu dibenahi.

"Kondisi sarana prasarana pendidikan dan pelatihan KP kurang optimal, pembiayaan Pemerintah (APBN dan APBD) terbatas, dan terdapat 2,17 juta Rumah Tangga Miskin di wilayah pesisir dan 17,08 persen di antaranya bermata pencaharian perikanan," katanya.

Baca juga:

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1525311 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas