Senin, 6 Juli 2015
Tribunnews.com

4 Pemain Baru di Industri Terigu

Senin, 18 Maret 2013 14:59 WIB

4 Pemain Baru di Industri Terigu
myhobbyblogs
harga tepung terigu diperkirakan naik 20 persen jelang lebaran

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kendati hampir seluruh kebutuhan bahan baku gandum berasal dari impor, industri terigu tetap tumbuh subur di negeri ini. Terbukti, industri ini terus kedatangan pemain baru.

Data Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) menyebutkan, pada tahun 2013 ini, ada empat pemain baru yang akan meramaikan industri terigu nasional.

Mereka adalah PT Sarana Prima Makmur, PT Wilmar Flour Mills, PT Crown Flour Mills, dan PT Agrofood Makmur Mandiri. Rencananya, keempat perusahaan itu mulai beroperasi tahun ini.

Lokasi pendirian pabrik terigu ini berbeda-beda. PT Sarana Prima Makmur mendirikan pabrik di Banjarmasin, PT Wilmar Flour Mills di Gresik, PT Crown Flour Mills di Tangerang, dan PT Agrofood Makmur di Mojokerto.

Saat ini, sudah ada 21 perusahaan yang meramaikan persaingan bisnis terigu nasional. Dengan bergabungnya keempat perusahaan ini, maka total pabrik terigu di Indonesia menjadi 24 unit.

Ketua Umum Aptindo, Franciscus Welirang mengatakan, masuknya keempat pemain anyar ini bakal mengerek kapasitas produksi terigu nasional.

"Saat ini, total kapasitas giling gandum mencapai 8,1 juta ton per tahun, dengan masuknya pemain baru, maka kapasitas akan di atas itu," ujarnya saat berkunjung ke redaksi KONTAN, Kamis (14/3).

Halaman123
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Kontan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas