• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 23 Agustus 2014
Tribunnews.com

Pemogokan Angkutan Pelabuhan Ancam Ribuan Buruh

Kamis, 21 Maret 2013 08:48 WIB
Pemogokan Angkutan Pelabuhan Ancam Ribuan Buruh
WARTA KOTA/ANGGA BN
Ilustrasi buruh

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Dampak jangka panjang akibat aksi mogok yang menghambat bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, kemungkinan juga akan merugikan ribuan pekerja di beberapa industri di Jatim.

PT Kurnia Anggun yang kini memperkerjakan sekitar 2.000 tenaga kerja juga bisa terancam jika nantinya pemesanan dari luar negeri berkurang atau bahkan menghilang.

Nama baik perusahaan atau daerah menempel di pelanggan di luar negeri maka dipastikan tidak akan pemesanan berikutnya. Padahal 90 persen produk mebel dari rotan penjualannya berupa ekspor.

Jika tidak ada pemesanan, otomatis perusahaan akan mengurangi produksi. Sebagai perusahaan padat karya, pengurangan produksi berarti akan mengurangi jumlah tenaga kerja yang digunakan.

Sumarno sangat menyesalkan terjadinya aksi mogok Organda yang tidak memperhatikan kondisi. Selain menyesalkan kejadian itu, ia juga merasa geram dengan pemerintah yang tidak segera mengambil tindakan begitu diketahui ada gejolak.

“Kenapa pemerintahnya ‘tuli’, kenapa harus menunggu ada demo dulu baru ditanggapi? Kenapa harus tunggu jatuh korban," ujarnya.

Sumarno menyebut, peristiwa pemogokan ini bisa menjadi trauma bagi dirinya dan pengusaha lain. Jika sudah terjadi demikian, maka bisa jadi aksi serupa akan terulang. “Bisa -bisa nanti tanggal 1 April terulang lagi,” tambahnya. (Surya/Dyan Rekohadi)

Baca juga:


Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Surya
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1578501 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas