• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Agen Tiket Berebut 3.982 Seat Penumpang

Kamis, 4 April 2013 03:50 WIB
Agen Tiket Berebut 3.982 Seat Penumpang
TRIBUN SUMSEL/M.AWALUDDIN FAJRI

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI – Bisnis penjualan tiket pesawat di Jambi menggiurkan. Puluhan agen tiket berebut potensi 3.982 penumpang dari dan ke Jambi dari empat maskapai yang beroperasi di Bandara Sultan Thaha di berbagai rute penerbangan.

Sekalipun potensi penumpang itu bisa dikerucutkan separuhnya (penumpang keluar dari Jambi), tapi bisnis ini masih menggiurkan. Dalam sehari sedikitnya satu agen tiket mampu menjual 30 hingga 300 tiket berbagai maskapai. Alhasil, keuntungan yang diraup pemain usha ini bisa mencapai puluhan juta.

Direktur Utama Trans Global Tour and Travel, Suhendri, kepada Tribun Selasa (2/4) mengatakan pada hari biasa penjualan tiket berkisar 30 tiket tiap hari. Jumlah itu bakal lebih banyak saat libur atau ada moment tertentu.

"Keuntungan per bulan berkisar Rp 50an juta, ini bisa lebih tergantung pada penjualan tiket juga. Misalnya harga tiket berkisar Rp 750 ribu maka agen setor ke maskapai Rp 700 ribu untuk maskapai," bebernya.

Legitnya usaha ini diakui pula oleh Direktur Saung Bulian Tour and Travel, Suryadi. Di tempatnya penjualan bahkan tembus 300 lembar tiket. Margin yang diperoleh agen tiket terbilang besar.

"Keuntungan ada komisi dari maskapai dan sekitar 3 sampai 5 persen dari penjualan tiket. Untuk Citilink saja saat ini nominal duit penjualan tiket sehari Rp 15 juta, penumpang rata-rata-per hari 20-30 dengan rute Jambi-Jakarta dan sebaliknya," beber Suryadi.

Manajer Lion Air Jambi, Mardanus mengatakan agen resmi mitra Lion Air di Jambi berjumlah 61 agen. Keuntungan yang diperoleh, kata dia, dari insentif dan komisi. Insentif diperolah agen dari setiap rute penerbangan dengan nominal yang telah ditentukan. Sedangkan komisi diberikan sesuai dengan jumlah penjualan tiket pesawat oleh travel agen tersebut.

Menggirukannya usaha ini juga terkonfirmasi dengan load factor maskapai.  Lion tingkat keterisiannya berkisar 95 persen dari 215 seat yang teredia dengan pesawat Boeing 737-900Viar.

Sementara Ketua Asita Jambi, Ali Siwoon mengatakan di Jambi saat ini travel agen berjumlah sekitar 60 agen. Menurutnya prospek travel agen atau penjualan tiket selalu ada, tergantung manajemen.

“Apalagi kedepan Bandara Sultan Thaha Jambi akan ditingkatkan, tentu travel agen akan berkembang,” tegasnya.

Bahkan Siwoon berharap agen perjalanan sudah bisa ada di kabupaten-kabupaten. Ditanya soal margin keuntungan, ia bilang besaran keuntungan tergantung volume penjualannya. Biasanya berkisar 3 hingga 5 persen fee dari harga tiket. (hdp)
 

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jambi
0 KOMENTAR
1628141 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas