• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunnews.com

Tantang Anak Kelas 1 SD Buat Robot

Kamis, 4 April 2013 14:35 WIB
Tantang Anak Kelas 1 SD Buat Robot
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ratusan siswa SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia mengikuti Indonesia Robotic Olympiad 2012 di Gedung Smesco Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2012). Sebanyak 364 peserta akan memperebutkan tiket untuk mewakili Indonesia di ajang World Robot Olympiad 2012 di Malaysia yang akan diikuti lebih dari 35 negara. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Apa jadinya bentuk robot jika dibuat anak kelas 1 SD sampai SMA? Jika penasaran, ada baiknya ke Atrium Mall@alam sutera Tangerang hingga Minggu (7/4/2013).

Pasalnya, Lembaga Pendidikan Robotik SARI (Solution to Artifical Intelligence) mengadakan Robotic School Cup 2013 yang diikuti anak-anak sekolah itu.

Menariknya kompetisi membuat robot dilakukan dengan menggunakan bahan daur ulang atau logam. Hebatnya lagi, robot dibuat dengan kreasi tangan mereka sendiri.

Yohanes Kurnia selaku General Chairman of Committe menyatakan sudah saatnya anak Indonesia didorong dapat merancang dan menciptakan robot sendiri.

"Jadi bukan hanya merakit atau merangkai sebuah merk robot dari luar negeri," katanya di Atrium Mall@alam sutera Tangerang, Rabu (3/4/2013).

Selama ini produk-produk itu menyuarakan membuat robot itu mudah tapi robot yang dihasilkan berupa robot rakitan. Kondisi ini membuat anak Indonesia mengalami kesulitan mengembangkan diri dengan menciptakan robot hasil karya sendiri yang berbahan daur ulang.

Aktivitas dalam Robotic School Cup 2013, terdiri empat jenis Robotic Games, Robotic Show dan Robotic Demo dan Robitic Competition dari Korea dan Singapura.

Untuk kompetisi Robotic Competition dibagi menjadi lima macam yaitu building dan contruction, creative mechanic challenge, sumo RC robot, sumo auto robot, maze solving robot, blind robot, soccer robot competition dan fire fight robot competition.

Juga diadakan Robotic Show adalah pameran robot yang menampilkan Humanoid Robot dari Korea, educational robot Indonesia yang diproduksi khusus dari Indonesia yakni dari I-Car, robot dari SARI seperti 3D Printer Robot, mini robot.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: sanusi
0 KOMENTAR
1630432 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas