Kamis, 18 Desember 2014
Tribunnews.com

Bayar Utang, Siprus Lego Cadangan Emasnya

Kamis, 11 April 2013 22:13 WIB

Bayar Utang, Siprus Lego Cadangan Emasnya
net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, NICOSIA - Berdasarkan dokumen yang dirilis oleh Komisi Eropa, Pemerintah Siprus berencana untuk menjual seluruh cadangan emasnya untuk mendapatkan dana segar.

Jika dihitung, nilai total cadangan emas Siprus bernilai 400 juta euro. Langkah Siprus ini menandakan penjualan emas terbesar di zona Eropa dalam empat tahun terakhir.

Meskipun rencana bank sentral zona Eropa untuk melepas cadangan emasnya demi memenuhi kebutuhan finansial akan menemui hambatan, namun langkah Siprus akan menjadi fokus negara Eropa lain yang terlilit utang besar namun memiliki cadangan emas, untuk menjual cadangannya.

Rencana penjualan yang akan dipersiapkan oleh Komisi Eropa ini akan menjadi penjualan emas terbesar oleh bank sentral di Eropa sejak Prancis melego 17,4 ton emas mereka pada paruh pertama 2009 lalu.

"Jumlah emas yang akan dijual tidak terlalu besar, sekitar 10 ton. Kami sudah pernah melihat emas sebesar itu diperdagangakan keluar dari exchange traded funds setiap pekannya pada tahun ini," jelas Matthew Turner, Macquarie metals analyst.

Jika dihitung berdasarkan harga saat ini, 400 juta euro setara dengan 10,36 ton emas. Namun, data World Gold Council menyebut, total cadangan emas Siprus mencapai 13,9 ton pada akhir Februari 2013.(Barratut Taqiyyah/Kontan)

Editor: sanusi
Sumber: Kontan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas