Minggu, 23 November 2014
Tribunnews.com

Tingkatkan Potensi Pariwisata Riau dengan Sapta Pesona

Selasa, 16 April 2013 21:43 WIB

Tingkatkan Potensi Pariwisata Riau dengan Sapta Pesona
net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Riau memiliki potensi pariwisata yang besar. Karena itu daya saing melalui Sapta Pesona dan Sadar Wisata untuk menggerakkan ekonomi masyarakat perlu dibangun. Hal itu diungkapkan H Fadlah Sulaiman SH MM, Ketua Badan Promosi Pariwisata Riau (Riau Tourism Board) di hari pertama penyuluhan Sapta Pesona 2013.

Acara ini diselenggarakan Pemko Pekanbaru Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 16-20 April 2013 di Grand Elite. Penyuluhan diikuti oleh Bujang Dara maupun pegiat dan pelaku pariwisata Riau.

Menurutnya, kecenderungan wisatawan datang pada suatu daerah terletak pada tiga hal, yaitu what to see, atau apa yang bisa dilihat. Lalu what to do apa yang bisa dilakukan di tempat wisata itu. Kemudian what to buy atau apa yang bisa dibeli sebagai pemenuhan kebutuhan seperti makanan maupun cinderamata.

Bila hanya memenuhi satu potensi what to see, hampir dipastikan objek wisata tersebut tidak akan berkembang. Sebab, turis hanya datang berkunjung dan melihat tanpa mendapatkan kesan lebih lanjut. Sebaliknya bila tiga hal itu terpenuhi serta tersedianya tempat homestay, pariwisata pun dapat berkembang.

Pada kesempatan itu, Fadlah menyampaikan beberapa ide terkait peningkatan potensi pariwisata. Di antaranya sektor kuliner dengan mengusulkan agar pemerintah menyediakan booth atau tempat promosi produk maupun berjualan bagi usaha kecil menengah. Pola itu bertujuan memberi peluang bagi UKM untuk berkembang termasuk menciptakan keteraturan, kebersihan dan keindahan bagi lokasi tempat usaha.

Bagi pelaku usaha sendiri kunjungan wisatawan merupakan kesempatan untuk mengembangkan bisnis, termasuk bisnis kuliner. Namun tetap kunci keberhasilan adalah fokus dalam bidangnya walaupun itu harus memakan waktu lama. "Apa yang kita kerjakan harus fokus. Jangan sering ganti-ganti karena kalau sering ganti kapan usaha itu bisa berjalan. Sepanjang kita tidak fokus tidak akan berhasil," katanya.

"Oleh karena itu, ibu bapak sekalian, terapkan Sapta Pesona agar orang semakin banyak orang datang berwisata," sebutnya. Ia menambahkan, dalam peningkatkan kualitas produk pariwisata hendaknya mengandung unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan meninggalkan kenangan.

Dikatakannya, pariwisata begitu penting karena memberikan peluang usaha, peluang kerja pada masyarakat. Selain itu sektor ini biasanya tidak terlalu berpengaruh pada krisis ekonomi. Zaman sekarang saja semakin masyarakat dunia yang memanfaatkan waktu libur mereka dengan berwisata. Dalam peningkatan pariwisata ini, selain kesadaran masyarakat peran pemerintah sebagai pengambil kebijakan sangat diperlukan. (art)

Editor: Hendra Gunawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas