• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 29 Agustus 2014
Tribunnews.com

Transportasi Berkelanjutan Dimulai Dari Angkutan Umum

Selasa, 16 April 2013 18:52 WIB
Transportasi Berkelanjutan Dimulai Dari Angkutan Umum
KOMPAS Images/ANDREAN KRISTIANTO
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsep transportasi berkelanjutan dimulai dari angkutan umum. Hal tersebut dikatakan oleh Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan, Selasa (16/4/2013), di Jakarta.

Menurut Bambang, konsep transportasi berkelanjutan adalah transportasi yang efisien, adil merata, secara sosial bisa diterima, dan ramah lingkungan. Secara umum kota di dunia ini berusaha mendekati gambaran ideal tersebut.

"Kita ingin transportasi umum kita sekalian pindah dari BBM ke gas. Dalam tiga tahun, angkutan umum sudah pindah ke gas," kata Bambang.

Di Indonesia, terdapat 14 kota (seperti Solo, Jogja, Palembang, dan lainnya) yang sudah terlihat dalam mendukung transportasi berkelanjutan. Seperti tersedianya Bus Rapid Transit (BRT), membenahi angkutan kota, dan kereta api. Sementara itu, implementasi transportasi berkelanjutan dengan gas akan dimulai dengan angkutan umum yang harus berkualitas.

"Semakin banyak kendaraan, makin banyak polusi dan BBM yang digunakan."

Bambang meminta teman-teman Kementerian ESDM menyediakan infrastruktur, seperti SPBG, gas yang tersedia, dan supply gas ada. Sehingga ketika semua angkutan kota beralih ke gas, bahan bakarnya tersedia luas. Ia berharap tahun depan akan tersedia infrastruktur gas untuk angkutan umum. Angkutan Kota yang segera akan diganti secara bertahap, seperti angkutan kota (metromini, kopaja, dan lainnya) akan diganti baru, sampai memberikan mesin kendaraan yang menggunakan gas.

"Ini bagus karena memindahkan beban jalan ke kereta api dan laut. Itu mengurangi ketergantungan kita terhadap BBM,"  tambah Bambang.

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1676762 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas