Minggu, 23 November 2014
Tribunnews.com

Kadin Inginkan Inflasi Di Bawah 5 Persen

Kamis, 18 April 2013 19:10 WIB

Kadin Inginkan Inflasi Di Bawah 5 Persen
inflasi ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terkait pengendalian inflasi, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengharapkan agar inflasi dapat terkendali di bawah 5 persen untuk tahun 2013. Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Kebijakan Moneter, Fiskal dan Publik Haryadi berharap inflasi menurun bisa meningkatkan sektor bank dan dunia usaha.

"Dengan inflasi yang rendah secara makroekonomi akan memberikan manfaat dan keuntungan lebih besar lantaran sektor perbankan dan dunia usaha akan dapat bergerak lebih cepat," ujar Haryadi, Kamis (18/4/2013).

Adapun permasalahan lainnya dalam kebijakan moneter adalah terkait tingkat bunga pinjaman bank yang masih relatif tinggi sehingga menyulitkan pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Dengan adanya penurunan Bank Indonesia (BI) rate diharapkan menjadi momentum bagi perbankan untuk menurunkan suku bunga kreditnya.

"Tujuannya agar menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi nasional," ungkap Haryadi.

Selain fiskal dan moneter, Kadin juga menyoroti kebijakan perpajakan, kepabeanan dan cukai yang dinilai masih menjadi salah satu penghambat dalam investasi dan perdagangan.

Haryadi mengatakan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, perlu adanya suasana perpajakan yang “business friendly" termasuk membangun kepercayaan.
"Adanya perbaikan sistem pelayanan perpajakan, terutama yang berhubungan dengan masalah sengketa perpajakan harus segera dibenahi," jelas Haryadi.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas