• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribunnews.com

Bisnis Kuliner Kian Gencar Cari Mitra

Selasa, 30 April 2013 07:57 WIB
Bisnis Kuliner Kian Gencar Cari Mitra
net

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Bisnis waralaba (franchise) tumbuh dengan baik di Indonesia. Tidak hanya yang berasal dari luar, tapi waralaba lokal juga banyak yang menawarkan kemitraan.

Di Bandung sejumlah waralaba makanan yang relatif baru mulai banyak mencari mitra. Sebut saja Burger Bakar Ijo (BBI), Pondok Sambel Mba Nunung milik Nunung "Opera Van Java", Jupe Fried Chicken (JFC) milik artis Julia Perez, dan Tokiyo Bento kepunyaan penyanyi Vicky Shu.

Pendiri BBI, Feby, mengatakan, bisnis yang sudah digelutinya sekitar 1,5 tahun ini mengajak masyarakat untuk menjadi mitra, cukup dengan modal Rp 25 juta. Dengan modal tersebut mitra sudah bisa menjalankan bisnis burger, dan balik modal hanya dalam tiga bulan.

"Soal booth, peralatan masak, dan pelatihan membuat burger kami yang tanggung. Bahan baku juga gratis untuk pemesanan pertama atau sebanyak 100 porsi, dan selanjutnya mitra harus membeli bahan baku dari kami dengan harga tentu lebih murah," kata Feby kepada Tribun, di gerainya, Dago Plaza Bandung, pekan lalu.

Pria itu mengaku sudah punya empat outlet BBI. Satu milik sendiri, dan tiganya adalah milik mitra. Keempat outlet tersebut berada di Bandung dan Garut.

BBI menawarkan burger sebagai menu utamanya. Burger BBI menggunakan roti berwarna hijau yang dibuat khusus oleh Feby. Isian burger bervariasi, mulai dari daging sapi, ayam, tuna, kakap, telur, sampai isi pisang dan es krim. "Biasanya kami jual satu porsi burger ke konsumen Rp 12.000-Rp 15.000. Tapi kalau untuk mitra tentu lebih murah dari itu," ujar Feby.

Mitra pun bisa menjual menu selain burger, dengan ketentuan bahan baku tetap harus dibeli dari pihaknya. Sementara untuk yang menjual menu selain burger, tidak diberikan bahan baku gratis.

Direktur Utama Pondok Sambel Mba Nunung, Lina Halim mengatakan, ada beberapa pilihan investasi untuk menjadi mitra Pondok Sambel Mba Nunung, yakni mulai dari Rp 185 juta sampai Rp 350 juta per outlet. Investasi tersebut diyakini bisa balik dalam hitungan hanya 18 bulan.

"Perhitungan kami, tingkat keuntungan bersih tiap resto mitra mencapai 30 persen dari setiap omzet kotor yang diraih setiap resto cabang," ujar Lina pekan lalu.

Lina mengungkapkan, semua hal yang berkaitan dengan pembangunan, pegawai, bahan baku, sistem keuangan, promosi, peralatan dan lain-lain sudah termasuk ke dalam nilai investasi.  "Saat ini kami sudah operasikan dua store, keduanya ada di Bandung," kata Lina.

Pondok Sambel Mba Nunung merupakan resto dengan menu masakan rumahan. Menu tersebut diklaim racikan Nunung OVJ yang biasa dihidangkan untuk anggota keluarganya. Menu tersebut antara lain ayam sambal bejek, ayam kecombrang, ayam bacem, lele balacan, dan soto kuali. Ada juga sejumlah minuman ringan dan jus. Seporsi makanan dibanderol Rp 13.500-Rp 20.000-an.

Menurut data Tribun Jabar Februari lalu, Tokiyo Bento menawarkan kepada para calon mitra pilihan tipe, yaitu tipe 80 meter persegi (m2) dengan investasi Rp 185 juta, tipe 100 m2 dengan investasi Rp 210 juta, dan tipe 120 m2 dengan investasi Rp 235 juta. Dengan investasi tersebut mitra sudah mendapatkan segalanya. Dengan kata lain, mitra hanya tinggal membuka gerainya.

JFC menawarkan kemitraan dengan tiga tipe, yaitu tipe mini kafe dengan investasi Rp165 juta, tipe resto indoor Rp 225 juta, dan tipe resto dan café dengan investasi Rp 350 juta. (roh)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
3 KOMENTAR
1727272 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • sanagus kayangan-Rabu, 7 Agustus 2013 Laporkan
    nice post! biar indonesia tambah subur ayo,,,,
    CARAMELIZED APPLE GALTTE (Jerman)
    CHIFFON
  • mencari investor untuk buka di jakarta,depok & kota besar di indonesia. lihat di facebook atau call : 081910004284
    02295996416
    Pin bb 32205043
    facebook WARUNG PEPES DURIYAT
  • bbi-Rabu, 8 Mei 2013 Laporkan
    Jangan percaya sama feby pemilik burger
    bakar ijo, saya ditipu 30jt, nyatanya
    sampai saat ini dia msendiri melanggar
    kontrak kerja. Outlet tidak pernah jadi
    waktunya pun molor, ketika saya batalkan
    kontrak kerjanya dan minta duit saya
    kembali, duitn
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas