Rabu, 29 Juli 2015
Tribunnews.com

Bisnis Kuliner Kian Gencar Cari Mitra

Selasa, 30 April 2013 07:57 WIB

Bisnis Kuliner Kian Gencar Cari Mitra
net

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Bisnis waralaba (franchise) tumbuh dengan baik di Indonesia. Tidak hanya yang berasal dari luar, tapi waralaba lokal juga banyak yang menawarkan kemitraan.

Di Bandung sejumlah waralaba makanan yang relatif baru mulai banyak mencari mitra. Sebut saja Burger Bakar Ijo (BBI), Pondok Sambel Mba Nunung milik Nunung "Opera Van Java", Jupe Fried Chicken (JFC) milik artis Julia Perez, dan Tokiyo Bento kepunyaan penyanyi Vicky Shu.

Pendiri BBI, Feby, mengatakan, bisnis yang sudah digelutinya sekitar 1,5 tahun ini mengajak masyarakat untuk menjadi mitra, cukup dengan modal Rp 25 juta. Dengan modal tersebut mitra sudah bisa menjalankan bisnis burger, dan balik modal hanya dalam tiga bulan.

"Soal booth, peralatan masak, dan pelatihan membuat burger kami yang tanggung. Bahan baku juga gratis untuk pemesanan pertama atau sebanyak 100 porsi, dan selanjutnya mitra harus membeli bahan baku dari kami dengan harga tentu lebih murah," kata Feby kepada Tribun, di gerainya, Dago Plaza Bandung, pekan lalu.

Pria itu mengaku sudah punya empat outlet BBI. Satu milik sendiri, dan tiganya adalah milik mitra. Keempat outlet tersebut berada di Bandung dan Garut.

BBI menawarkan burger sebagai menu utamanya. Burger BBI menggunakan roti berwarna hijau yang dibuat khusus oleh Feby. Isian burger bervariasi, mulai dari daging sapi, ayam, tuna, kakap, telur, sampai isi pisang dan es krim. "Biasanya kami jual satu porsi burger ke konsumen Rp 12.000-Rp 15.000. Tapi kalau untuk mitra tentu lebih murah dari itu," ujar Feby.

Mitra pun bisa menjual menu selain burger, dengan ketentuan bahan baku tetap harus dibeli dari pihaknya. Sementara untuk yang menjual menu selain burger, tidak diberikan bahan baku gratis.

Halaman12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas