Jumat, 19 Desember 2014
Tribunnews.com

AP II: Aksi Buruh Tak Ganggu Aktivitas Bandara

Rabu, 1 Mei 2013 20:18 WIB

AP II: Aksi Buruh Tak Ganggu Aktivitas Bandara
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ribuan pengunjuk rasa memenuhi Jalan MH.Thamrin menuju Istana Merdeka Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2013). Pengunjuk rasa yang berasal dari berbagai organisasi buruh ini memperingati hari buruh internasional. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Peringatan Hari Buruh internasional dipastikan tidak mengganggu aktivitas penerbangan di seluruh bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (Persero)

Tri S Sunoko, Direktur Utama Angkasa Pura II, menjelaskan sejumlah elemen buruh disinyalir memanfaatkan momentum peringatan Hari Buruh hari ini untuk menjadikan bandara sebagai lokasi berunjuk rasa. Salah satu lokasi yang dituju adalah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Namun berkat koordinasi yang baik antara aparat keamanan dan petugas kami di lapangan, semuanya dapat diantisipasi dan ditangani dengan baik," jelas Tri S Sunoko, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/5/2013).

Tri menambahkan, guna mengantisipasi terjadinya dampak dari aksi buruh terhadap kegiatan operasional bandara, sejak jauh hari dirinya telah menginstruksikan seluruh pejabat di lingkungan Angkasa Pura II untuk berkoordinasi dengan seluruh jajaran terkait kebutuhan keamanan dan pengamanan objek vital.

Salah satunya adalah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk menyiapkan strategi dan langkah-langkah antisipasi untuk pengamanan Bandara Soekarno-Hatta. Antara lain menjalankan skenario pengalihan arus lalu lintas ke Bandara, khususnya yang melalui jalur M1 atau jalur belakang bandara dari arah Tangerang. Terhitung lebih dari 2000 personel gabungan disiagakan pada hari ini.

"Seluruh calon penumpang, air crew, ataupun yg berkepentingan ke Bandara Soekarno-Hatta, diimau untuk menghindari jalur tersebut antara pukul 08.00 - 17.00 WIB hari ini," paparnya.

Sehubungan digelarnya aksi unjuk rasa oleh elemen gabungan buruh Tangerang, sempat dilakukan skenario pengalihan arus lalu lintas di Jalan Suryadarma (M1) maupun beberapa jalan alternatif menuju Bandara Soekarno-Hatta antara pukul 12.00 - 17.00. Hal tersebut mengingat jalan-jalan tersebut digunakan para buruh yang mencapai hampir 3000-an orang untuk berdemo menuju Bandara Soekarno-Hatta.

"Memang sempat terjadi kemacetan di ruas-ruas jalan yang terhubung jalan-jalan itu. Namun positifnya, seluruh penerbangan lancar. Para penumpang juga tidak ada yang telantar," pungkas Tri Sunoko.

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: sanusi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas