Minggu, 23 November 2014
Tribunnews.com

Rencana Kenaikan BBM Belum Pengaruhi Inflasi

Rabu, 1 Mei 2013 18:33 WIB

Rencana Kenaikan BBM Belum Pengaruhi Inflasi
TRIBUN/DANY PERMANA
Pekerja memompa bahan bakar minyak subsidi di warung bensin eceran milik Syaiful, di Jalan Ulujami, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2013). Pemerintah berencana menghentikan subsidi untuk BBM pada Mei 2013 mendatang, sehingga diperkirakan akan menghemat APBN sebesar Rp 35-40 triliun untuk kenaikan harga BBM Rp 1500 per liternya. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) belum berdampak pada inflasi. Hal ini dikatakan oleh Sasmito, Deputi Kepala Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pusat, Rabu (1/5/2013).

Menurut Sasmito, rencana kenaikan BBM belum berpengaruh terhadap inflasi, karena belum ada perubahan harga. Kalau pun kenaikan BBM dalam waktu sehingga memicu orang menimbun BBM atau bahan bakar, angkanya cenderung kecil.

"Kita lihat nanti, ini masih exercise. Ada hitungan perbedaan kalau (BBM) naik Mei inflasi berapa, Juni berapa. Dampaknya berbulan-bulan," ujar Sasmito.

Sasmito juga mengatakan dampak inflasi dapat ditekan, jika kenaikan harga BBM terjadi setelah Lebaran atau pertengahan Agustus 2013. Pertengahan bulan tersebut, masyarakat tak banyak mengonsumsi barang atau bahan makanan, karena ketika puasa sampai hari raya, mereka mengonsumsi dua kali lipat. Sehingga kenaikan pada bulan tersebut dirasa tepat.

Di sisi lain, dampak kenaikan BBM dapat dilihat dari aktivitas ekspor dan impornya. Menurut Sasmito, kuncinya pada kedua hal tersebut.

"Saya lihat konsumsi akan bagus terus, ada pemasukan barang ekspor, industri, pengusaha optimistis dan tidak akan mengurangi pegawai, justru bertambah. Kalau bertambah, konsumsi juga tambah," katanya.

Perdagangan internasional akan menjadi kunci April ke depan. Karena kuartal I/2013 mengalami penurunan karena perdagangan kurang mendukung dibanding 2012.

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: sanusi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas