• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Peran Pemerintah, Perusahaan dan Kampus Untuk Pengembangan UMKM

Kamis, 2 Mei 2013 09:21 WIB
Peran Pemerintah, Perusahaan dan Kampus Untuk Pengembangan UMKM
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya pemula menghadapi tantangan yang berat untuk meningkatkan kapasitas kewirausahaan mereka. Perlu sinergi antara kalangan Academisi, Business, dan Government (ABG) dengan masing masing perannya. Lantas apa peran ketiga elemen itu?

"Pemerintah fokus menciptakan iklim usaha yang mendukung tumbuhnya para wirausaha, pemetaan model inkubasi bisnis yang efektif, dan fasilitasi model  proses pencetakan tenaga pendamping tersertifikasi," tutur Kepala UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Hilda Fachriza dalam Diskusi Media ‘Ciptakan Kesempatan, Berdayakan Masyarakat, dan Perkecil Kesenjangan’ di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Dunia bisnis dapat memfokuskan alokasi dana CSR atau PKBL-nya untuk kegiatan-kegiatan yang mendorong semangat kewirausahaan dan meningkatkan kapasitas kewirausahaan pelaku usaha pemula.

Akademisi yang dalam ini adalah perguruan tinggi - selaku center of knowledge,  dapat menjadi agen pelaksana terkait kegiatan pelatihan, inkubasi bisnis, maupun  pendampingan usaha, khususnya untuk pelaku usaha pemula  atau pelaku usaha yang ingin bermigrasi ke skala usaha yang lebih tinggi.

"Perguruan tinggi juga dapat menjadi agen advokasi atau sosialiasi semangat kewirausahaan, juga menjadi agen diseminasi hasil studi kasus atau kajian-kajian yang berkaitan dengan kewirausahaan, sehingga wawasan kewirausahaan dapat semakin tersebar luas ke berbagai elemen masyarakat," katanya.
 
Di samping itu, mendukung pengembangan bisnis diperlukan lebih banyak fasilitas pelatihan, workshop, atau seminar kewirausahaan yang lebih dalam dari sekedar pelatihan atau seminar motivasi.

"Juga pencetakan tenaga pendamping yang berpengalaman dan tersertifikasi juga akan mutlak diperlukan untuk menopang efektifitas dari proses pendampingan itu sendiri," katanya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1736051 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas