Senin, 24 November 2014
Tribunnews.com

Gubernur BI: Dampak Kenaikan BBM Bagus Untuk Jangka Panjang

Senin, 6 Mei 2013 16:14 WIB

Gubernur BI: Dampak Kenaikan BBM Bagus Untuk Jangka Panjang
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Petugas mengisi BBM subsidi jenis premium di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2013)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution, menegaskan, dalam kurun satu tahun ke depan, dampak positif kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM  bersubsidi akan mulai terasa.

Bahkan kebijakan ini diyakini akan mampu menciptakan surplus neraca pembayaran dan penguatan nilai tukar rupiah. "Dampak kenaikan harga BBM jangan dilihat dari jangka pendek dua-tiga bulan, karena dampaknya pasti negatif dengan adanya inflasi," kata Darmin di Kantor Menteri Dalam Negeri Jakarta, Senin (06/05/2013).

Menurut Darmin  dalam waktu setahun atau dua tahun, kebijakan tersebut akan terus mengarah pada surplus neraca pembayaran dan penguatan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. "Hal ini karena neraca pembayaran akan terus membaik, sehingga tekanan terhadap nilai tukar rupiah bisa berkurang dan persepsi negatif dari pasar akan berkurang atau menjadi lebih baik," katanya.

Dengan demikian, jelasnya, ketika mengkaji kenaikan harga BBM perlu untuk membedakan dampak yang akan muncul secara jangka pendek dan panjang.

"Artinya, kalau setahun atau lebih, dampaknya akan bagus. Tetapi, kalau dilihat dua atau tiga bulan, tentu tidak terhindarkan dampak negatifnya. Itu dinamika masalah ekonomi, dua atau tiga bulan berpengaruh negatif, habis itu ada perbaikan ekonomi," tuturnya.

Menurutnya, BI telah menyiapkan sejumlah kebijakan untuk menyikapi keputusan pemerintah soal pengendalian konsumsi BBM. Selain itu, ada juga kebijakan BI yang mengacu pada respons masyarakat dalam menghadapi kebijakan pemerintah nantinya.

"Tentu kenaikan BBM kan akan menaikkan inflasi, cuma seberapa besarnya kami mempunyai perkiraan itu.  Tetapi, kenaikan harga BBM itu bukan sesuatu yang mengkhawatirkan dalam jangka waktu dua tiga bulan dan BI pasti sudah menyiapkan policy untuk menghadapi itu," katanya.

Penulis: arif wicaksono
Editor: Hendra Gunawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas