• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Tribunnews.com

BLT Ditargetkan Terealisasi Awal Juni

Senin, 13 Mei 2013 12:20 WIB
BLT Ditargetkan Terealisasi Awal Juni
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Petugas mengisi BBM subsidi jenis premium di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2013). PT Pertamina melakukan persiapan terhadap kemungkinan diberlakukannya kebijakan subsidi dua harga oleh pemerintah. Langkah-langkah yang dilakukan Pertamina adalah pengelompokan SPBU, penyiapan identitas SPBU, sosialisasi, koordinasi dengan stakeholder terkait, dan pembentukan posko satgas. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono menegaskan pemerintah sudah menyiapkan mekanisme bantuan langsung tunai (BLT), seiring rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Penyaluran BLT itu dilakukan emerintah untuk mencegah adanya tekanan inflasi dari pemenuhan kebutuhan pokok.

"Bentuknya bisa raskin atau kompensasi sebesar Rp 150 ribu per bulan bagi per orang selama satu hingga dua bulan, mekanismenya kita atur kemudian," kata Agung, Senin (13/5/2013).

Agung mengatakan, Kenaikan harga BBM dapat menimbulkan ancaman serius kepada masyarakat kurang mampu, untuk itu pemerintah menyiapkan bantuan berupa empat kompensasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) yaitu Raskin, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Dana tersebut berasal dari penghematan subsidi BBM sebesar Rp 37 triliun. Kebijakan penghematan subsidi BBM dilakukan untuk menekan defisit neraca berjalan pemerintah RI untuk berada di bawah 2,5 persen.

Selain itu, bantuan ini akan dilakukan secara temporer selama 4 bulan-5 bulan semenjak kebijakan ini diberlakukan, sesudahnya tidak ada lagi kebijakan tersebut. Penerapan mekanisme bantuan ini diharapkan bisa tertuang dalam APBNP 2013 di DPR dan segera diputuskan pada awal Juni 2013.

"Kita pastikan awal Juni sudah beres di DPR sehingga bisa dilakukan dengan cepat, jadi kita bisa segera tetapkan keputusan tersebut," katanya.

Penulis: arif wicaksono
Editor: sanusi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1778191 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas