• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Petani Cirebon Dapat Bantuan Pupuk NPK

Senin, 13 Mei 2013 03:57 WIB
Petani Cirebon Dapat Bantuan Pupuk NPK
Surya/ Eben Haezer
Pupuk NPK

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyumbang satu ton pupuk organik plus satu kuintal pupuk NPK untuk setiap hektare lahan tanaman kacang hijau di Kabupaten Cirebon.

"Ini stimulus dari pemerintah Provinsi Jabar demi meningkatkan mutu serta jumlah produksi kacang hijau," ujar Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan pada Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan (Distanbunakhut) Kabupaten Cirebon, Wasman, Minggu (12/5/2013).

Wasman mengatakan dengan adanya bantuan pupuk itu, Distanbunakhut Kabupaten Cirebon menargetkan produksi 1,7 ton kacang hijau per hektare lahan. "Produksi 1,6 ton kacang hijau per hektare pun sudah bagus. Selama ini produksi kacang hijau di Kabupaten Cirebon sekitar 1,5 ton per hektare, ujar Wasman.

Menurut Wasman, lahan kacang hijau di Kabupaten Cirebon merupakan yang terluas kedua di Jawa Barat setelah Kabupaten Subang. Wasman mengatakan, total luas lahan kacang hijau di Kabupaten Cirebon 2.000 hektare. Hampir separuh dari luas lahan itu terkonsentrasi di Desa Gintung Tengah, Kecamatan Ciwaringin. "Sekitar 700-900 hektare kacang hijau per tahun ada di desa itu," ujarnya.

Wasman mengatakan harga kacang hijau termasuk bagus. Pada Oktober lalu, ujar Wasman, harga kacang hijau Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per kilogram. Harga bisa semakin bagus bila petani bisa menyimpan hasil panen.

Menurut Wasman, ada teknologi tradisional untuk menyimpan kacang hijau tapi terbebas dari kerusakan. "Kacang hijau kering bisa disimpan di dalam kaleng yang dipanaskan lalu ditaburi abu dapur supaya terhindar dari hama bubuk. Kami sedang memikirkan untuk mempraktikkan teknik itu dalam skala besar," ujarnya.

Pemasaran kacang hijau di Kabupaten Cirebon, kata Wasman, terbilang mudah karena selama musim panen, para pembeli dari Jakarta datang langsung ke petani. "Bahkan para pembeli membuat tenda di sekitar lahan kacang hijau untuk menampung panenan," kata Wasman. (tom)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas