• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 26 Juli 2014
Tribunnews.com

Chatib Basri Siap Pangkas Birokrasi

Selasa, 21 Mei 2013 15:28 WIB
Chatib Basri Siap Pangkas Birokrasi
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhyono bersama Menteri Keuangan yang baru, M Chatib Basri (kiri) dan Wakil Presiden RI, Boediono (kanan) beramah tamah usai acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2013). Chatib dilantik sebagai Menkeu baru setelah jabatan tersebut kosong karena ditinggal pejabat lama, Agus Martowardojo yang kini menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Chatib Basri mengaku tidak mempunyai terobosan baru saat menjabat Menteri Keuangan. Menurut Chatib tak perlu ada gebrakan baru karena ia hanya bertugas menyelesaikan masalah-masalah yang ada solusinya dalam perekonomian negara.

"Saya rasa tidak perlu digebrak, di republik ini sudah banyak masalah," ujar Chatib, Selasa (21/5/2013).

Meski tidak mempunyai gebrakan baru, Chatib menyatakan sudah mendapat banyak pekerjaan yang menumpuk. Salah satu pekerjaan yang harus diselesaikan Chatib adalah Rancangan APBN Perubahan untuk 2013 yang akan dibahas oleh Banggar DPR.

"Ketimbang menggebrak lebih baik menyelesaikan banggar ini terlebih dahulu," jelasnya.

Satu hal yang ingin dirubah Chatib Basri adalah sistem birokrasi Kementerian Keuangan yang tidak ramah dan menyusahkan masyarakat. Chatib pun ingin agar para regulator bisa lebih menjadi 'Helper' ketimbang 'Stopper'.

"Persoalan bisa selesai kalau dari kementerian lembaga bisa menjadi penolong. Coba kalau birokrasi ajak duduk bersama dan memberi tahu kekurangan dimana, apa yang harus dilakukan, sikap ini penting harus ada," ungkap Chatib.

Mengenai banyak kasus pegawai pajak yang tertangkap oleh KPK, Chatib akan melakukan rapat internal dengan para petinggi pejabat Direktorat Jenderal Pajak. Hal ini agar tidak bertambah lagi kasus mafia pajak di dalam tubuh Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Pajak.

"Sore ini setelah sertijab ada rapat pimpinan, saya dengar dari Ditjen Pajak. Ini bukan pertama kalinya untuk itu kita duduk serius melihat pemanganannya seperti apa, dari segi struktural dan preventif," ujar Chatib.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: sanusi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1811681 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas