• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

Kartu Multi Trip KRL Jabodetabek Akan Diberlakukan Juli 2013

Kamis, 23 Mei 2013 11:49 WIB
Kartu Multi Trip KRL Jabodetabek Akan Diberlakukan Juli 2013
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM.JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan memberlakukan tarif progresif dan e-ticketing pada 1 Juni 2013. Hal tersebut disampaikan oleh Tri Handoyo, Direktur Utama PT KAI, Kamis (23/5/2013), di Jakarta.

"Juni akan diberlakukan tarif progresif dengan kartu single trip, berlaku untuk satu kali perjalanan," ujar Tri kepada wartawan.

Penentuan tarif progresif Kereta Rel Listrik (KRL) berdasarkan jumlah stasiun awal ke stasiun tujuan. Mekanismenya sebagai berikut, untuk lima stasiun pertama Rp 3.000 ribu dan tiga stasiun selanjutnya Rp 1.000 ribu. Sedangkan untuk tarif tertinggi tetap mengacu pada tarif untuk relasi terjauh yang ditetapkan 1 Oktober 2012 sebesar Rp 9.000 ribu.

Pemberlakukan akan dibarengi dengan penggunaan e-ticketing dengan kartu single trip dan multi trip. Kartu single trip akan berlaku sekali pakai dan kartu akan ditelan mesin ketika keluar stasiun. Tetapi jika kartu tersebut hilang, penumpang akan dikenakan suplisi atau denda, sebesar Rp 50 ribu.

Tetapi untuk kartu multi trip akan diberlakukan pada Juli 2013. Kartu multi trip dapat digunakan selama ada nominal atau uang elektronik. Jika nominal habis, dapat diisi ulang. Untuk penggunaannya, penumpang ketika masuk melakukan 'tap' di mesin, begitu juga ketika keluar.

"Kartu bisa dibeli di loket stasiun. Isi pulsa maksimal sampai Rp1 juta, minimal sesuai nominal perjalanan kita," tambah Tri.

Kartu tersebut akan dikeluarkan PT KCJ dengan nama kartu 'Commet'. Selain itu, PT KCJ bekerjasama dengan lima bank untuk mengeluarkan kartu multi trip. Yaitu bank BCA, BRI, BNI 46, Bank DKI, dan Bank Mandiri.

"Kartu terintegrasi, jadi pengguna kartu Commet bisa digunakan untuk naik busway, begitu juga sebaliknya."

Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Hendra Gunawan
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas