• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 16 September 2014
Tribunnews.com

Agus Marto Optimistis Target Rupiah dari APBN Terealisasi

Jumat, 7 Juni 2013 15:12 WIB
Agus Marto Optimistis Target Rupiah dari APBN Terealisasi
Warta Kota/Henry Lopulalan
Agus Martowardojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, optimistis nilai tukar rupiah belum menjauhi target Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2013.

Padahal saat ini, kurs tengah Bank Indonesia sudah menyentuh level Rp 9.790 per dollar AS. Sedangkan, target APBNP 2013 sebesar Rp 9.600.

Keyakinan Agus dipicu bertambahnya dana cadangan devisa seiring dengan kebijakan quantitative easing yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Quantitative easing adalah kebijakan moneter dari bank sentral untuk menstilmulasi ekonomi nasional dengan membeli aset finansial dengan uang yang baru dicetak. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk menginjeksikan uang ke dalam pasar dalam jumlah yang sudah ditentukan sebelumnya.

"Saya rasa BI akan jaga di level 9.500-9.700, meskipun ada pelemahan kita akan jaga dengan stimulus moneter. Namun kita lihat makronya seperti apa dulu baru kita bisa pastikan," kata Agus, Jumat (7/6/2013).

Ia mengatakan, faktor pendorong perekonomian dunia seperti stimulus ekonomi yang diakibatkan oleh quantitative easing akan memberikan dana ke negara berkembang. Selain itu ada kebijakan moneter-moneter lainnya yang akan diterapkan BI.

"Operasional moneter, detailnya tidak bisa saya jelaskan, yang bergerak di dunia, apalagi Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang, akan beri stimulus untuk perusahaan Jepang semoga nantinya akan berdampak juga ke Indonesia," katanya.

Quantitative easing akan menjadi obat mujarab untuk menaikan cadangan debisa Indonesia yang menunjukkan penurunan yang cukup besar di awal tahun ini. Hingga akhir Januari 2013, cadangan devisa Indonesia melorot 4 miliar dollar AS menjadi 108,8 miliar dollar AS dari 112,8 miliar dollar AS pada akhir Desember 2012.

Penurunan terus berlanjut, bahkan hingga Mei 2013 cadangan devisa Indonesia ada di kisaran 105 miliar dollar AS atau tergerus 3 miliar dollar AS dari awal tahun sebesar 108,8 miliar dollar AS.

Penulis: arif wicaksono
Editor: sanusi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1879572 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas