• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 15 September 2014
Tribunnews.com

Mobil di Jambi Dipasangi Pertamina Alat Monitor Transaksi BBM

Rabu, 26 Juni 2013 11:55 WIB
Mobil di Jambi Dipasangi Pertamina Alat Monitor Transaksi BBM
/henry lopulalan
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI – Kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi belum mencerminkan kebutuhan masyarakat akan BBM. Untuk mengetahuinya, sesuai program nasional Pertamina akan melakukan survei dan mensosialisasilan  pemasangan Radio Frequency Identification (RFID).
 
Sistem yang terbangun oleh RFID ini akan menghasilkan output kebutuhan BBM di masyarakat. Sales Representative Pertamina Depo Jambi, Arif Wahyu mengatakan selama ini Pertamina hanya mengetahui jumlah suplai BBM bersubsidi dari Pertamina ke SPBU.
 
Sementara, kata dia, kebutuhan riil dari konsumen di SPBU belum diketahui datanya secara pasti. Ia bilang bila berpedoman pada kuota BBM, itu belum mencerminkan kebutuhan secara nyata di masyarakat.
 
"Kuota hanya mencerminkan anggaran yang mampu dikeluarkan pemerintah dalam rangka menyubsidi BBM ke masyarakat, sehingga diperlukan RFID ini," katanya kepada Tribun, Selasa (25/6).
 
Alat RFID akan dipasang di SPBU dan di tangki kendaraan bermotor. Dengan demikian akan diketahui jumlah transaksi pembelian BBM bersubsidi secara otomatis oleh Pertamina pusat dan daerah. "Karena nanti ini terkoneksi langsung secara online dengan jaringan internet," katanya.
 
Piranti ini nantinya akan terpasang diseluruh SPBU sesuai program nasional. Adapun untuk wilayah Sumatera ditargetkan 2014 akan terpasang semua.
 
RFID nanti akan diberikan secara cuma-cuma ke masyarakat. Selain itu, lanjut Arif, pada saatnya nanti dimungkinkan jika kendaraan tidak menggunakan alat ini, tidak bisa melakukan pengisian BBM bersubsidi di SPBU. Namun, tegasnya, aturan ini masih menunggu acuan dari pusat.
 
"Dalam waktu dekat disosialisasikan ke SPBU dulu serta kendaraan seperti karyawan Partamina, karyawan BUMN lebih dulu baru ke masyarakat," ujarnya.
 
Secara nasional RFID akan dipasang di 5.027 SPBU di 33 provinsi, serta 100 juta kendaraan. Rinciannya, 11 juta mobil penumpang, 80 juta sepeda motor, 3 juta bus, dan 6 juta truk.

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Tribun Jambi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1952952 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas