• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribunnews.com

Bulog Jual Murah Daging Sapi

Kamis, 11 Juli 2013 10:03 WIB
Bulog Jual Murah Daging Sapi
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Pedagang danging sapi sedang melayani konsumen di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2013).Harga daging sapi di Pasar Senen naik dari Rp 85.000 menjadi Rp105.000 per kilogram. Meski harga daging melonjak, minat pembeli tidak pernah surut dan ada peningkatan pembeli menjelang bulan puasa. (WARTA KOTA/Angga Bhagya Nugraha) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar gembira untuk ibu rumah tangga. Harga daging sapi bakal turun setelah impor daging Perum Bulog tiba pada akhir Juli.

Bulog hanya akan menjual daging sapi seharga Rp 75.000 per kilogram (kg), lebih rendah dari harga saat ini yang umumnya diatas Rp 90.000 per kg.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengatakan, Bulog akan menggandeng distributor daging yang tergabung di Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI) untuk mendistribusikannya. Ini dilakukan karena Bulog belum memiliki gudang pendingin yang memadai.

Meski bermitra dengan ADDI, Sutarto menjamin harga jual ke konsumen tidak akan lebih dari yang dibanderol Bulog. "Jika ditemukan ada yang harganya di atas, distributor tersebut tidak akan dilibatkan lagi," kata Sutarto, Rabu (10/6/2013).

Seperti diberitakan, Pemerintah menugasi Bulog untuk mengimpor daging agar harga daging sapi turun. Kementerian Pertanian mengeluarkan rekomendasi pada tanggal 25 Juni kemarin dan izin impor dari Kementerian Perdagangan sehari sesudahnya.

Namun, rumitnya birokrasi dan mepetnya waktu mengakibatkan Bulog belum juga bisa merealisasikan impor tersebut sehingga harga daging sapi masih tinggi.

Menurut rencana, pengapalan pertama impor daging sapi oleh Bulog ini baru bisa dilakukan pada tanggal 15 Juli 2013 dari Australia. Daging sapi akan sampai ke Indonesia pada 25 Juli 2013.

Agar tidak terjadi kekosongan sebelum daging sapi itu tiba, Bulog juga memanfaatkan pesawat. Kegiatan importansi dengan menggunakan pesawat akan dilakukan selama 10 hari dengan kapasitas pengangkutan daging sebanyak 20 ton per hari.

Saat ini, Bulog sedang menunggu izin karantina dari Bandara Soekarno-Hatta untuk memasukkanan daging sapi. Hanya, kata Sutarto, Bulog tidak mungkin mengangkut dalam jumlah banyak dengan pesawat agar tidak rugi, karena biayanya jauh lebih mahal.

Mengutip data Kemdag, harga rata-rata daging sapi secara nasional pada Juli ini berada di kisaran Rp 92.071 per kg. Harga tersebut naik dari bulan Juni yang secara nasional rata-rata Rp 88.716 per kg. (Handoyo/Kontan)

Editor: sanusi
Sumber: Kontan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2011052 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas