Rabu, 26 November 2014
Tribunnews.com

Chairul Tanjung: Harga Daging Sapi Lebih Murah di Carrefour

Kamis, 18 Juli 2013 16:46 WIB

Chairul Tanjung: Harga Daging Sapi Lebih Murah di Carrefour
/Warta Kota/adhy kelana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemilik Gerai Carrefour Indonesia, Chairul Tanjung (CT), mengklaim harga pangan terutama harga daging sapi di gerai-gerai Carrefour seluruh Indonesia miliknya lebih murah daripada harga-harga daging sapi di pasaran.

"Harga daging di Carrefour lebih murah daripada di pasar. Filosofinya, kami mencoba melakukan stabilisasi harga pangan,” kata CT ketika ditanya pers di Kantor Presiden,  Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Menurut CT, kenaikan harga pangan terutama daging sapi di pasaran bukan disebabkan oleh kehadiran Carrefour atau ritel modern lainnya namun  kenaikan harga daging sapi itu disebabkan oleh tata niaga antara produsen dan pasar.

"Disinilah terjadi deviasi di pasar itu," kata CT.

CT memberi dasar filosofisnya. "Tata niaga itu pada prinsipnya tidak pernah dalam sejarah berhasil sejahterakan petani, kedua berhasil menjaga harga yang baik dan stabil, kita pernah liat cengkeh, jeruk, segala macam,"  kata dia.

Lanjut dia, dalam sejarahnya aturan atau bentuk dari tata niaga produk pangan tak pernah berhasil membuat sejahtera atau menjaga harga.

Karena itu, CT sudah meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencabut tata niaga yang tidak pro pada petani atau peternak.

"Kalau kita minta tata niaga itu dicabut, perlindungan kepada petani diberikan dengan perlindungan tarif supaya bisa petaninya itu sejahtera, konsumennya tidak dirugikan kalau sekarang, petani naik, petaninya sejahtera," kata dia.

Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) ini menegaskan Presiden SBY tidak happy dengan kenaikan harga di pasar. "Sekarang sudah diputuskan, pemerintah impor langsung, kuota itu kan sistem tata niaga, dari dulu tidak pernah sejahterakan petani dan buat harga murah di pasar," kata dia.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas