• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribunnews.com

PLN Sumut Sewa Genset untuk Tambah Daya

Senin, 19 Agustus 2013 21:49 WIB
PLN Sumut Sewa Genset untuk Tambah Daya
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Warga Medan harus bersabar. Pemadaman bergilir, biarpet listrik hingga kadangkala lebih dari tiga kali dalam sehari, masih akan terjadi hingga setidaknya akhir Oktober 2013 mendatang.

"Saat ini kita sedang berupaya untuk menambah daya dengan cara menyewa genset bertenaga 150 Mega Watt. Dengan tambahan daya ini mudah-mudahan persoalan yang ada sekarang bisa teratasi. Tidak ada lagi biarpet. Namun engine-nya, kan, tidak bisa datang sekaligus. Minggu ini baru akan datang sekitar 20 MW-30 MW. Selanjutnya akhir September 20 MW. Jadi memang bertahap. Sampai akhir Oktober nanti rencananya bisa mencapai 150 MW," kata Manajer Produksi PT PLN Pembangkitan Sumatera Bagian  Utara (KIT SBU), Antono Sucatshon, pada Tribun saat dihubungi lewat sambungan telepon selular, Minggu (18/8/2013) malam.

Penambahan mesin genset akan terus dilakukan sampai akhir tahun. Antono lebih lanjut mengemukakan, pihaknya telah mendapatkan perintah dari Direksi PLN Pusat untuk melakukan penambahan daya hingga 300 MW sampai 350 MW.

Menurut Antono, saat ini menyewa genset lebih murah dibandingkan mengoperasionalkan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) dengan bahan bakar minyak. "Kalau PLTG butuh 0,4 liter untuk menghasilkan 1 Kwh. Sementara genset 0,265 liter per Kwh," ujarnya.

Meski demikian, Antono tidak berani berjanji persoalan pemadaman listrik di Medan khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya akan benar-benar tuntas.

"Saya tidak berani berjanji mengatakan tidak akan ada pemadaman lagi. Kami perlu melakukan hitung-hitungan lebih lanjut. Apalagi pada bulan Oktober rencananya akan ada mesin pembangkit yang overhaul. Selama ini tertunda karena jika itu dilakukan akan semakin memperparah kondisi kelistrikan," katanya.

Kebijakan PLN menyewa genset ini jelas bukan merupakan langkah strategis terencana. Dua hari lalu, Menteri BUMN Dahlan Iskan telah menginstruksikan direksi PLN untuk segera mengatasi persoalan kelistrikan di Sumut secepat mungkin.
Dahlan mendorong PLN mengambil langkah darurat untuk menutupi defisit listrik dengan menyewa genset dalam skala besar selama enam sampai sembilan bulan, hingga PLTU Pangkalan Susu di Langkat beroperasi. (Liston Damanik)

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Medan
3 KOMENTAR
2174171 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • john minter sitorus-Sabtu, 21 September 2013 Laporkan
    Sudah bertahun2 problem listrik di sumut, selalu alasan perbaikan krn kerusakan mesin...
    menurut saya hrs ada penyelidikan serius apa sebenarnya yang terjadi...kalau alasan rusak,..masak terus2an rusak sampai bertahun2..? Kalau uang tidak ada buat mainten
  • dewangga bima-Kamis, 19 September 2013 Laporkan
    Pln itu nainya tarifnya suka suka,,skarang matinya suka suka....klo kita bayarnya suka suka gmna...
  • Surya Tk-Senin, 19 Agustus 2013 Laporkan
    extraordinary work(EW) untuk mengatasi krisis listrik di sumatera utara perlu dukungan seluruh elemen masyarakat dan PLN mengatasi dalam jangka pendek menyewa genset serta unduk jangka menengah pemerintah pusat mengalokasikan tambahan pembangkit baru untu
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas