• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunnews.com

BI Perkirakan Inflasi Akhir Tahun 2013 Capai 9,2 Persen

Rabu, 28 Agustus 2013 19:41 WIB
BI Perkirakan Inflasi Akhir Tahun 2013 Capai 9,2 Persen
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Nasabah keluar dari tempat penukaran uang di ITC Kuningan, Jakarta, Kamis (15/8/2013). Berdasar kurs tengah Bank Indonesia, rupiah diperdagangkan Rp 10.318 per dolar Amerika atau melemah dibanding perdagangan sehari sebelumnya Rp 10.297. (KOMPAS/HERU SRI KUMORO) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi hingga akhir tahun 2013 ini akan mencapai 8,6-9,2 persen. Nilai ini lebih tinggi dibanding perkiraan sebelumnya di level 7,2 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, kondisi ini perlu diwaspadai karena akan lebih tinggi dibanding biasanya.

"Kami sampaikan di badan anggaran tadi, bahwa tahun 2013 ini inflasi akan di kisaran 8,6-9,2 persen. Ini perlu diwaspadai karena inflasi merupakan yang paling mesti kita sikapi," kata Agus di Badan Anggaran DPR Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Ia menambahkan, kondisi yang perlu diwaspadai setelah inflasi Juli adalah inflasi pada Agustus. Meski akan lebih rendah dibandingkan dengan Juli, Agus memperkirakan bahwa inflasi bulan ini akan mencapai 1,27 persen.

Agus memperkirakan inflasi Agustus ini karena disebabkan kenaikan harga daging sapi, bawang merah, ayam dan kedelai. Sementara itu, imported inflation dianggap belum besar.

"Kalau depresiasi rupiah di atas 3-4 persen, itu baru berpengaruh ke imported inflation," tambahnya.

Saat ini, bank sentral juga fokus akan menjaga volatilitas nilai tukar rupiah. Memang dalam hal ini, bank sentral tidak akan menargetkan di level tertentu, tapi akan menjaga agar volatilitasnya tetap stabil sesuai kondisi fundamental.

Besok, BI akan melakukan rapat dewan gubernur (RDG) tambahan untuk membahas makro moneter lebih lanjut. Hal ini untuk mengantisipasi gejolak yang ada di pasar. (Didik Purwanto)

Editor: Willy Widianto
Sumber: Kompas.com
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas