• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Proyek Terminal Gas Bosowa Ditargetkan Beroperasi Oktober 2013

Kamis, 5 September 2013 15:27 WIB
Proyek Terminal Gas Bosowa Ditargetkan Beroperasi Oktober 2013
Bosowa Foundation

Laporan Wartawan Tribunnews.com Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bosowa Duta Energasindo memastikan proyek Terminal Liquid Propane Gas (LPG) di Makassar bakal beroperasi pada Oktober 2013. Pengoperasian terminal tersebut diketahui mundur dari target sebelumnya yaitu pada 8 September 2013.
 
Erwin Aksa, CEO Bosowa Group, mengatakan pengerjaan proyek terminal LPG yang diklaim menjadi terminal LPG terbesar di kawasan Timur Indonesia tersebut sudah rampung sekitar 95 persen.

"Kalau tidak ada halangan, rencananya Oktober ini bakal beroperasi," katanya kepada wartawan dalam diskusi bertajuk "Darurat Ekonomi Indonesia" yang digelar harian ekonomi Kontan, Kamis (5/9/2013).

Jika beroperasi, terminal tersebut bakal memiliki kapasitas sebesar 10.000 metrik ton yang terbagi atas empat penampung masing-masing 2.500 metrik ton.

Terminal itu, dilengkapi dengan fasilitas dermaga dan truk pengangkut yang mampu mendistribusikan elpiji hingga 2 ribu metrik ton per hari. Selain itu, juga mampu memenuhi kebutuhan elpiji di Sulawesi Selatan hingga 700 metrik ton per hari.

Tunda Terminal LPG Banyuwangi
Sementara itu, akibat pelemahan nilai tukar rupiah dan naiknya bunga kredit, Bosowa juga bakal menunda sejumlah proyek yang belum berjalan. Salah satunya yaitu proyek terminal gas cair di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, lewat anak usahanya PT Mulia Inti Petronusa.

"Untuk dapat pembiayaan perbankan memang agak berat saat ini. Apalagi proyek yang kami ingin bangun itu mungkin saja dianggap tidak 'bankable' sehingga bank tidak mau memberikan pinjaman untuk pembangunan proyek Bosowa," katanya.
 
Menurut Erwin, saat ini mata uang rupiah terus melemah terhadap dollar Amerika Serikat. Otomatis investasi baru yang menggunakan pembiayaan dollar menjadi sangat mahal. "Dengan demikian, bakal ada penundaan proyek. Tapi untuk proyek yang sudah jalan tidak mungkin kami hentikan," katanya.

Penulis: sanusi
Editor: Reza Gunadha
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2249912 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas