• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

Indonesia dan Korea Selatan Sepakati Kerjasama Ekonomi Kreatif

Minggu, 13 Oktober 2013 14:00 WIB
Indonesia dan Korea Selatan Sepakati Kerjasama Ekonomi Kreatif
TRIBUN/DANY PERMANA
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengamati video mapping wayang kulit Pandawa Melawan Kurawa pada Pembukaan Galeri Indonesia Kaya di West Mall Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (10/10/2013). Galeri Indonesia Kaya yang dipersembahkan Djarum Apresiasi Budaya tersebut merupakan ruang publik pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menyediakan galeri seni budaya Indonesia dengan konsep digital multimedia, permainan tradisional, dan auditorium pertunjukan yang didedikasikan bagi masyarakat, terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Adiatmputra Fajar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan bersepakat bekerjasama untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

Kesepakatan tersebut, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding)  antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan Yoo Jinryong, Minggu (13/10/2013) hari ini.

"Kami menyambut dengan antusias kerjasama ini, karena Indonesia memiliki kelebihan dari aspek kekayaan tradisi budaya dan kearifan lokal yang menjadi basis utama pengembangan ekonomi kreatif," ujar Mari Elka Pangestu, Minggu (13/10/2013).

Mari Pangestu menyatakan, penandatanganan MoU ini merupakan momentum penting untuk memajukan ekonomi kreatif kedua negara. Kolaborasi antarkedua negara, diyakini akan berdampak positif.

"Korea Selatan lebih maju untuk konten digital termasuk film, animasi, dan musik. Bila dipadukan, maka akan menghasilkan produk kreatif yang lebih memiliki nilai tambah dan daya saing bagi kedua negara," ungkap Mari.

Untuk  diketahui, di bawah kepemimpinan Presiden Park, "ekonomi kreatif" menjadi salah satu prioritas untuk mengembangkan ekonomi Korea Selatan ke depan dengan basis sinergi antara inovasi, teknologi dan budaya.  

Hal ini, ditegaskan oleh Presiden Park saat APEC CEO Business Summit di Bali pada tanggal 7 Oktober, dan saat Business Forum Korea-Indonesia pada tanggal 11 Oktober di Grand Hyatt.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Reza Gunadha
0 KOMENTAR
2399092 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas