Senin, 26 Januari 2015
Tribunnews.com

Ini Saham prospektif penghuni baru MSCI Index

Senin, 11 November 2013 12:02 WIB

Ini Saham prospektif penghuni baru MSCI Index
tv.ibtimes.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com Hendrawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pendatang baru menghuni Morgan Stanley Composite International (MSCI) Index. Ada 13 saham anggota Bursa Efek Indonesia yang masuk dalam daftar MSCI  Small Cap Indices khususnya MSCI Indonesia Index.

Dalam rilis terbarunya, MSCI Equity Indices November 2013 Index Review, terdapat 13  saham emiten BEI yang menjadi penghuni terbaru MSCI Indonesia Index untuk kategori Small Cap, sedangkan terdapat delapan (8) saham yang dikeluarkan. MSCI Index terbaru ini akan mulai efektif berlaku pada 26 November 2013.

MSCI Small Cap Indices ini merupakan kumpulan saham dari berbagai negara dengan jumlah saham yang diperdagangkan (free float) minimal 14%. Salah satu saham emiten BEI yang menjadi penghuni baru MSCI Indonesia Index untuk kategori Small Cap ini adalah PT Nusantara Infrastructure Tbk (META).

Sekjen Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Pardomuan Sihombing mengatakan saham-saham yang masuk dalam MSCI akan menjadi sentimen positif bagi saham tersebut. Masuknya saham dalam indeks ini menandakan saham tersebut memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam MSCI Global Index.

"MSCI Global Index ini memiliki kriteria tertentu untuk menetapkan saham-saham mana yang layak masuk dalam cakupannya. Biasanya yang menjadi patokan adalah berdasarkan kinerja perseroan," kata Pardomuan, Senin (11/10/2013).

Dia melanjutkan yang menjadi kriteria utama untuk MSCI Index ini biasanya adalah mengenai likuiditas saham dan kapitalisasi pasar dari saham yang bersangkutan. Saham yang menjadi anggota baru MSCI Index ini menandakan kredibilitas perusahaan bersangkutan sudah semakin diakui.

Halaman123
Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Reza Gunadha
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas