Tabungan Nasabah Kaya Makin Membengkak

Meski jumlah rekening menyusut, nominal simpanan nasabah kategori di atas Rp 5 miliar justru mengalami kenaikan

Tabungan Nasabah Kaya Makin Membengkak
Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbeda dengan jumlah rekening nasabah kecil yang menunjukkan pertumbuhan tinggi, jumlah rekening nasabah besar justru mengalami penyusutan.

Berdasarkan data Laporan Distribusi Simpanan Bank Umum dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), jumlah rekening dengan simpanan di atas Rp 5 miliar pada Januari 2014 mencapai 64.555 rekening.

Jumlah ini menunjukkan penurunan sebesar 11,08 persen jika dibanding dengan Januari 2013 yang mencapai 72.605 rekening.

Meski jumlah rekening menyusut, nominal simpanan nasabah kategori di atas Rp 5 miliar justru mengalami kenaikan. Dari Rp 1.389 triliun pada Januari 2013 menjadi Rp 1.529 triliun pada Januari 2014 atau tumbuh 10,07 persen year on year (YoY).

Menurut Tindomora Siregar, Direktur Grup Penjaminan LPS, bisa saja kenaikan tersebut disebabkan peningkatan nilai simpanan para nasabah besar dalam bentuk valuta asing (valas).

Mengingat dollar terus menguat terhadap rupiah dibanding tahun lalu, ada peningkatan nominal simpanan akibat nilai simpanan valas para nasabah besar ikut terdongkrak.

"Terkait jumlah rekening nasabah di atas Rp 5 miliar menyusut, bisa saja mereka menutup sebagian rekeningnya yang banyak dan dananya kemudian ditaruh di rekening yang tetap dibiarkan dibuka. Jadi belum tentu jumlah nasabah besar yang menaruh dananya di perbankan Indonesia sudah berkurang," pungkas Tindo seperti dikutip Tribunnews dari KONTAN, Selasa (8/4/2014). (Adhitya Himawan)

Editor: Sugiyarto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help