BI Jambi Comblangkan Perbankan dengan Usaha Kecil dan Menengah

Bank Indonesia (BI) Jambi menyelenggarakan pameran perbankan dan usaha kecil menengah unggulan Jambi.

BI Jambi Comblangkan Perbankan dengan Usaha Kecil dan Menengah
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
ILUSTRASI UMKM 

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI – Masih rendahnya akses masyarakat Jambi terhadap produk dan layanan perbankan, mendorong Bank Indonesia (BI) Jambi menyelenggarakan pameran perbankan dan usaha kecil menengah unggulan Jambi.

BI menyelenggarkan Jambi Banking Expo 2014 yang diikuti 28 bank umum, yang menawarkan berbagai produk landing maupun funding, serta UMKM potensial di Provinsi Jambi.

Ihsan W Prabawa, manager pengembangan sektor riil dan UMKM BI Jambi mengatakan, Jambi memiliki potensi peningkatan perekonomian yang didukung tiga indikator utama, yakni rasio pertumbuhan ekonomi relatif tinggi, sumber daya alam yang melimpah sebagai dasar bagi transaksi industri keuangan, dan masih banyaknya jumlah penduduk yang belum tersentuh akses perbankan.

Di level nasional, rasio penduduk yang telah berhubungan dengan lembaga keuangan formal baru mencapai 48 persen. "Untuk itu diperlukan upaya-upaya untuk lebih mengenalkan dan memasyaratkan lembaga keuangan terutama bank," katanya, Jumat (11/4).

UMKM, ucapnya, memiliki peran penting dalam perekonomian karena menjadi kategori usaha dengan penyerapan tenaga kerja terbesar. Pengembangan UMKM yang didukung dengan jiwa kewirausahaan yang baik dapat menjadi solusi dalam mengatasi pengangguran di Jambi.

UMKM dianggap sebagai usaha yang mudah untuk masuk dan keluar, sehingga masih terdapat kendala untuk menerima suatu pembiayaan. Namun demikian, dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak perbankan yang fokus dalam pembiayaan usaha mikro.

"Usaha mikro yang relatif lebih tahan dari gejolak perekonomian global menjadi minat tersendiri bagi perbankan sehingga mendirikan layanan-layanan mikro di daerah-daerah," ungkapnya.

Sementara itu, akses pemasaran yang terbatas termasuk juga dalam hal mengemas suatu produk dengan modern menjadi kendala bagi UMKM. Adanya pameran perbankan dan UMKM ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi kedua belah pihak untuk masing-masing dapat mengembangkan pasarnya baik pasar dalam hal penyaluran kredit maupun dalam hal penjualan produk.

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help