Menhub Minta PT KAI Tingkatkan Kapasitas Penumpang dan Barang

Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan, benar-benar memberikan catatan penting untuk moda transportasi kereta api.

Menhub Minta PT KAI Tingkatkan Kapasitas Penumpang dan Barang
TRIBUN/DANY PERMANA
Menteri Perhubungan Ignatius Jonan diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). Presiden Joko Widodo menamai kabinetnya dengan nama Kabinet Kerja. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan, benar-benar memberikan catatan penting untuk moda transportasi kereta api. Maklum sebelum diangkat menjadi Menhub, beliau memang menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Nah, untuk itu dia sudah menyiapkan sejumlah pekerjaan rumah (PR) untuk penggantinya di PT KAI, Edi Sukmoro. Salah satu PR yang bakal menjadi fokus Edi yaitu peningkatan jumlah penumpang kereta api hingga lima tahun ke depan. Jonan secara langsung meminta kepada Edi untuk meningkatkan kapasitas penumpang kereta hingga tiga kali lipat dari 200 juta orang menjadi 600 juta orang.

"Oleh karena itu, Edi harus mampu meningkatkan pelayanan KAI sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api itu," ujar Jonan di Kementerian BUMN saat pengangkatan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, Rabu (29/10/2014).

Selain target kapasitas penumpang, Jonan juga meminta Edi untuk meningkatkan angkutan barang menjadi 60 juta ton dalam lima tahun ke depan dari sebelumnya 30 juta ton sepanjang tahun ini.

"Saya harap kereta api makin maju. Saya sebagai regulator bisa mendorong jadi cepat dan jadi tulang punggung transportasi darat sesuai arahan Pak Presiden karena Pak Jokowi maunya perkeretaapian berkembang," kata dia.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved