Permudah Akses ke Perbankan, BRI Berencana Keluarkan Kartu Nelayan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berencana meluncurkan kartu nelayan.

Permudah Akses ke Perbankan, BRI Berencana Keluarkan Kartu Nelayan
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Nelayan merawat lampu-lampu penarik perhatian ikan saat merapat di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Jumat (6/2/2015). Pemerintah berencana untuk memfasilitasi pengalihan alat tangkap yang ramah lingkungan pada masa transisi pelarangan penggunaan alat tangkap pukat. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berencana meluncurkan kartu nelayan. Hal itu dilakukan perseroan guna mengatasi kesulitan para nelayan dalam mendapatkan pinjaman bank untuk mengembangkan bisnisnya.

"Kita sudah siapkan kartu untuk nelayan kita yang jumlahnya sekitar 2,2 juta orang. Tapi kita harus kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Asmawi Syam, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Dengan adanya kartu tersebut, kata Asmawi, para nelayan nantinya tidak mengalami kesulitan akses ke perbankan. Hal ini pun, pastinya mendorong produksi perikanan yang belakangan terkendala dalam pembiayaan. "Kalau tidak ada pembiayaan, mereka tidak mendapatkan apa-apa dan tidak bisa berkembangan" ucapnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, selama ini para nelayan dalam mendapatkan pembiayaan mayoritas melalui koperasi. Padahal, dana koperasi sangat terbatas dan nelayan pun tidak mendapatkan pembiayaan secara maksimal.

"Wadahnya nelayan kan sekarang hanya koperasi. Sebenarnya perbankan sendiri dengan melihat pengalaman, maka sanggup untuk itu (pembiayaan). Perlu peran pemerintah, bank dan swasta untuk dorong sektor perikananan," tutur Asmawi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help