Garuda Buka Rute Penerbangan Singapura-Medan

Pembukaan rute tersebut juga terkait dengan berlakunya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun ini

Garuda Buka Rute Penerbangan Singapura-Medan
Garuda Indonesia
Pramugari Garuda Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Maskapai flag carrier nasional Garuda Indonesia meresmikan pengoperasian kembali layanan penerbangan Medan – Singapura (pp) sebagai upaya memperluas jaringan penerbangan rute internasional, sekaligus mendorong pertumbuhan pariwisata lokal serta memenuhi kebutuhan para pengguna jasa bisnis, khususnya di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

Peresmian rute penerbangan Medan – Singapura tersebut dilaksanakan secara bersama-sama oleh Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya, Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo, dan Plt. Gubernur Sumatra Utara, Tengku Erry Nuradi di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (14/6/2016), setelah sebelumnya diadakan acara peresmian rute tersebut di Singapura pada hari yang sama.

Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo mengatakan bahwa pembukaan kembali rute Medan - Singapura pp tersebut merupakan bagian dari strategi isnis Garuda Indonesia untuk terus mengembangkan jaringan penerbangannya di rute internasional, khususnya ke Singapura.

"Melalui penerbangan Medan – Singapura ini, kami berupaya untuk semakin meningkatkan posisi Garuda Indonesia bagi pasar Singapura, terlebih mengingat arti penting dari hubungan kedua negara yang telah terjalin cukup lama. Di samping itu, dengan berbagai potensi yang dimiliki kota Medan khususnya potensi pariwisata, rute strategis ini diharapkan juga akan terus mendorong peningkatan pariwisata daerah” tambah Arif.

Pembukaan rute tersebut juga terkait dengan berlakunya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun ini, pembukaan kembali rute ini (sebelumnya terakhir dilayani Garuda Indonesia tahun 2002) – dan rute-rute internasional strategis lainnya – dapat menunjang potensi pariwisata Indonesia dalam menghadapi gelombang kompetisi, dimana didukung oleh potensi pariwisata Indonesia yang memiliki daya tarik besar bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sementara itu, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, pada kesempatan tersebut menyampaikan dukungan dan apresiasinya kepada Garuda Indonesia atas rute penerbangan langsung Medan – Singapura pp yang diresmikan pada hari itu.

“Sumatera Utara memiliki Danau Toba yang saat ini merupakan salah satu dari 10 Destinasi Prioritas pariwisata Indonesia. Kehadiran rute ini tentu saja akan memberikan dampak besar bagi jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara, yang ke depannya diharapkan dapat turut meningkatkan pariwisata nasional” kata Arief Yahya.

Penerbangan Medan – Singapura tersebut dilayani setiap hari dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 162 penumpang (150 kelas ekonomi dan 12 kelas eksekutif/bisnis).

Penerbangan Medan – Singapura dengan nomor penerbangan GA-850 berangkat dari Medan pukul 13.30 WIB, dan akan tiba di Singapura pada pukul 16.00 LT. Sementara untuk penerbangan Singapura – Medan dengan nomor penerbangan GA-851 berangkat dari Singapura pada pukul 11.15 LT, dan akan tiba di Medan pada pukul 11.45 WIB.

Penerbangan Medan – Singapura pp diharapkan dapat menjadi solusi terhadap para pengguna jasa yang berasal dari kota-kota di Sumatera, seperti Palembang, Padang, Banda Aceh dan Lampung yang ingin melakukan penerbangan ke Singapura – sebagai salah satu negara pusat bisnis – tanpa harus melakukan transit di kota lain seperti Jakarta dan Surabaya, sehingga lebih menghemat waktu dan biaya.

Dengan layanan penerbangan Garuda Indonesia ke London yang melalui / transit di Singapura, rute Medan – Singapura ini diharapkan akan menjadi tawaran menarik bagi masyarakat Medan dan sekitarnya untuk melakukan perjalanan wisata tanpa perlu melalui Jakarta.

Penulis: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help