Efisiensi Jadi Faktor Kunci Perolehan Laba Bersih Pertamina Semester I

Pertamina (Persero) menegaskan laba bersih yang diperoleh perseroan selama semester I 2016 sangat dipengaruhi oleh efisiensi

Efisiensi Jadi Faktor Kunci Perolehan Laba Bersih Pertamina Semester I
ISTIMEWA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menegaskan laba bersih yang diperoleh perseroan selama semester I 2016 sangat dipengaruhi oleh efisiensi yang telah dilakukan perusahaan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan selama semester I 2016, Pertamina sukses membukukan efisiensi sebesar 1,21 miliar dolar AS, jauh melampaui target perusahaan pada periode tersebut sebesar 838 juta dolar AS.

Di sisi lain, laba bersih yang diperoleh Pertamina adalah sebesar 1,83 miliar dolar AS.

“Artinya efisiensi besar-besaran yang kami lakukan di semua lini sangat berkontribusi besar dalam menaikkan laba bersih Pertamina pada semester I 2016,” ungkap Wianda.

Dia juga menjelaskan peningkatan kinerja operasi dari hulu ke hilir yang meningkat juga menjadi faktor penting dalam penciptaan laba bersih.

Produksi hulu naik 16,4 persen, transportasi gas yang naik 1 persen, yield valuable kilang yang terus meningkat dan biaya produksi BBM dari kilang yang semakin efisien (98,2 persen dari MOPS) menjadikan kinerja finansial Pertamina semakin kuat.

Terkait dengan penjualan BBM sepanjang semester I 2016 Pertamina menjual total sebanyak 31,6 miliar liter. Dalam hal ini, Pertamina sukses melakukan berbagai inovasi produk BBM non subsidi yang dapat diterima dengan baik di pasar, seperti Pertalite yang disambut konsumen dengan antusias.

Halaman
12
Editor: Sanusi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help