Pertamina Geothermal Makin Agresif Kembangkan Panas Bumi

Pertamina Geothermal Energy (PGE) makin agresif dalam mengembangkan proyek-proyek panas bumi di Tanah Air.

Pertamina Geothermal Makin Agresif Kembangkan Panas Bumi
ist

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) makin agresif dalam mengembangkan proyek-proyek panas bumi di Tanah Air.

Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), setiap tahun PGE melakukan pemboran sebanyak 11-12 sumur panas bumi.

"Itu sudah agresif. Jika rata-rata per sumur 10 juta dolar AS, untuk 12 lubang mencapai 120 juta dolar AS. Itu juga belum tentu dapat. Pertamina roh-nya di situ, bermain di eksplorasi," ujar Yunus Saefulhak, Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM di Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Tidak hanya itu, menurut Yunus, PGE juga sudah meminta penugasan untuk di beberapa wilayah kerja panas bumi (WKP). Dari tujuh WKP yang diminta PGE, pemerintah melalui Kementerian ESDM baru menyetujui tiga WKP.

"Jadi ini ada kaitannya dengan usaha yang lain. Misalnya, (PGE) meminta Ungaran (Jawa Tengah), namun di situ belum diputus. Lalu meminta Suah Sekicau (Lampung), masih penugasan survei pendahuluan oleh Chevron," ungkap dia.

Menurut Yunus, setelah disetujui, PGE nantinya memasukkan ketiga WKP tersebut dalam rencana kerja dan anggaran belanja (RKAB) 2016.

Dengan begitu, PGE akan mulai mengebor di WKP tersebut. Selain itu, pemerintah juga telah mendorong PGE untuk mengembangkan potensi panas bumi di WKP existing, seperti yang ada Gunung Way Panas dan Hululais di Lampung.

Halaman
123
Editor: Sanusi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help