Inspirasi Bisnis

Abdul Azis Adam Maulida Kaya Raya dari Si Cacing Tanah (Bagian 2-Habis)

Adam mampu meraup omset sekitar Rp 300 juta setiap bulan, dengan laba bersih 10 persen atau sekitar Rp30 juta.

Abdul Azis Adam Maulida Kaya Raya dari Si Cacing Tanah (Bagian 2-Habis)
NOVA
Abdul Azis Adam Maulana 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Bermodal kemauan belajar dan kesungguhan, warga Sukun, Kota Malang ini sukses membangun usaha budi daya cacing. Kini, omsetnya menyentuh angka ratusan juga rupiah per bulan.

Tahun 2017 ini, Abdul Azis Adam Maulida (40) meneken kerjasama dengan sebuah perusahaan yang memiliki cabang di belasan negara di Asia.

Dalam sebulan, Adam harus memasok sekitar 60 ton jus cacing untuk disebarkan ke berbagai negara mulai Myanmar, Malaysia, India, Nepal, Vietnam, Tiongkok, Bangkok, dan lain-lain.

“Untuk sementara permintaannya 60 ton, tapi ke depan saya diminta menyetor lebih banyak lagi,” imbuh Adam.     

Karena permintaan pasar makin hari makin meningkat, Adam pun mengembangkan kemitraan dengan masyarakat di berbagai daerah.

Baca: Abdul Azis Adam Maulida Kaya Raya dari Si Cacing Tanah ( Bagian 1)

Saat ini dia memiliki sekitar 200 mitra aktif yang tersebar di Jawa Timur. Dengan jumlah tersebut, ia mampu meraup omset sekitar Rp 300 juta setiap bulan, dengan laba bersih 10 persen atau sekitar Rp30 juta.

Adam saat ini juga memiliki 20 karyawan yang membantunya di lokasi pembudidayaan.

Agar suplai ekspor tidak kekurangan, Adam membuka lahan ternak cacing baru seluas 3000 meter. “Sebulan saya menjual rata-rata 15 ton, dari budi daya sendiri 3 ton, selebihnya pasokan dari masyarakat mitra kerja,” katanya.

Untuk mempermudah sistem pembayarannya, Adam memanfaatkan Tabungan BRI Simpedes sehingga para suplier langsung dapat mendapatkan pembayaran dan melakukan transaksi keuangan melalui kantor BRI, ATM maupun AgenBRILink yang menyebar dan dekat dengan lokasi tempat tinggal.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help