Penerapan NPG, Dapat Turunkan Biaya Operasional Bank Hingga 50 Persen

Perseroan menyambut positif langkah BI yang menerbitkan PBI NPG sebagai sistem yang terdiri atas standar

Penerapan NPG, Dapat Turunkan Biaya Operasional Bank Hingga 50 Persen
istimewa

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -PT Bank Sinarmas melihat‎ implementasi Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway/NPG) dapat menekan biaya operasional perbankan hingga 50 persen.

"Bank Sinarmas siap dengan pelaksanaan NPG, karena menyangkut efisiensi menurunkan cost operate sekitar 50 persen," kata Direktur Utama Bank Sinarmas, Freenyan Liwang saat mengumumkan "Donasi Digital 13 Ton Beras" di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Meski penerapan NPG terbilat telat, kata Freenyan, perseroan menyambut positif langkah BI yang menerbitkan PBI NPG sebagai sistem yang terdiri atas standar, switching dan services.

"Ketentuan NPG ini yang kita nantikan sejak lama agar Indonesia mempunyai NPG sendiri," ucapnya

Menurutnya, penerapan NPG akan menciptakan interkoneksi dan interoperabilitas pemrosesan transaksi pembayaran ritel domestik, sehingga akan menseragamkan transaksi bagi setiap bank.

"Dengan NPG, akan mendorong efisiensi yang bisa karena cost investment bisa di-share," ucapnya.

Untuk diketahui, BI merilis PBI NPG untuk mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, dan andal, serta dengan memperhatikan perkembangan informasi, komunikasi, teknologi, dan inovasi yang semakin maju, kompetitif, dan terintegrasi maka kebijakan sistem pembayaran nasional perlu diarahkan pada pembangunan ketahanan, pengembangan yang terintegrasi dan berkesinambungan, serta peningkatan daya saing.

Selain itu, PBI ini dikeluarkan dalam rangka membangun ketahanan, melakukan pengembangan yang terintegrasi dan berkesinambungan, serta meningkatkan daya saing sistem pembayaran nasional, diperlukan penataan infrastruktur, kelembagaan, instrumen, dan mekanisme sistem pembayaran nasional dalam suatu tatanan yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help